FKS Tomohon Persiapkan Lokus Verifikasi Kota Sehat

Ketua Forum Kota Sehat Tomohon Drs Johan Sambuaga MDiv membuka kegiatan rapat
Ketua Forum Kota Sehat Tomohon Drs Johan Sambuaga MDiv membuka kegiatan rapat

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Forum Kota Sehat (FKS) Tomohon yang dinahkodai Drs Johan Sambuaga MDiv mempersiapkan Lokasi Khusus (Lokus) untuk Verifikasi Kota Sehat Swasti Saba Wistara II Kota Tomohon.

Untuk itu, bertempat di Sekretariat FKS Tomohon di Kelurahan Walian Tomohon Selatan, Kamis (5/9/2019) dilaksanakan Rapat Persiapan Verifikasi Kota Sehat 2019, dihadiri Tim Pembina, pengurus FKS dan Forum Komunikasi Kelurahan serta Pokja Kelurahan.

Lokus yang dipersiapkan adalah Danau Linow, Mal Pelayanan Publik, SD Katolik St Clara, Lokasi Wisata Rurukan, Kampung Tanaman Obat Keluarga (Toga) Kelurahan Tara-tara Dua, Souvenir Kelurahan Woloan Dua, serta Sekretariat FKS Tomohon, Sekretariat Forum Komunikasi Kelurahan Kecamatan Tomohon Selatan dan Sekretariat Forum Komunikasi Kelurahan Kecamatan Tomohon Timur. Sekretariat Pokja Kelurahan Rurukan, Sekretariat Pokja Kelurahan Tara-tara Dua serta Sekretariat Pokja Kelurahan Woloan Dua.

Kota Tomohon sendiri, tahun 2019 ini akan diverifikasi Swasti Saba Wistara II setelah tahun 2017 lalu memperoleh Swasti Saba Wistara. ‘’Ya, kita akan mempertahankan Swasti Saba Wistara tahun ini. Tentunya dengan inovasi-inovasi terbaru yang belum ada di tahun 2017 lalu,’’ ujar Sambuaga.

Untuk tahun ini, ada 7 tatanan yang akan diverifikasi yakni Permukiman, sarana dan prasarana umum, sarana tertib lalulintas dna pelayanan transportasi, industry dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Pada rapat tersebut, Ketua Tim Pembina Forum Kota Sehat yakni Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) melalui Kasubbid Perencanaan Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Masyarakat Conny Polii SSos MM membawakan materi seputar Kota Sehat.

Begitu juga dengan Sekretaris Tim Pembina Forum Kota Sehat yakni Dinas Kesehatan melalui Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Maybi Kereh membawakan materi seputar Kota Sehat.

Tim Verifikasi yang terdiri dari Kementerian Dalam negeri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Lingkungan Hidup akan turun di Kota Tomohon pada 19 September mendatang. (ark)

Add Comment