Warga Diimbau Waspadai Bencana Kebakaran

Warga Diimbau Waspadai Bencana KebakaranBITUNG, (manadotoday.co.id) – Musim kemarau di Kota Bitung dan sekitarnya, warga diimbau untuk waspada terhadap bencana kebakaran. ‘Kebakaran hutan, lahan maupun pemukiman sangat rawan terjadi saat musim kemarau,” ujar Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, Selasa (20/8/2019).

Untuk itu, Lomban menambahkan, kewaspadaan harus terus ditingkatkan untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kebakaran. Hal tersebut dapat terwujud lewat kerja sama seluruh elemen masyarakat Kota Bitung untuk bersama-sama menjaga dan menahan diri agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Lanjutnya lagi masyarakat harus berhati-hati saat menggunakan peralatan elektronik yang menimbulkan energi panas seperti setrika, penanak nasi dan pastikan kondisi instalasi listrik aman terlebih saat meninggalkan rumah.

“Jangan membakar sampah, karena sisa api ataupun bahan yang mudah terbakar lainnya yang masih menyala akan memicu kobaran api yang lebih besar ketika ditiup angin,” pintahnya.

“Kesadaran akan bahayanya hal-hal yang memicu terjadinya kebakaran sejak dini akan menghindarkan kita dari berbagai bencana yang tidak kita inginkan,” tutupnya.(kys)

Add Comment