Mitra Salah Satu Daerah Penyumbang Terbesar Ekspor Ikan Tuna

Mitra Salah Satu Daerah Penyumbang Terbesar Ekspor Ikan TunaRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РPemkab Mitra dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengklaim menjadi penyumbang terbesar ekspor tuna dari Sulawesi Utara (Sulut).

“Setiap tahun diperkirakan ratusan ton ikan tuna hasil tangkapan di perairan Mitra yang ekspor. Dan ini kami pastikan tertinggi di Sulut” kata Kepala DKP Mitra Vecky Monigir, Senin (5/8/2019).

Ia mengungkapkan, tangkapan tuna merupakan komoditas laut andalan dari para nelayan, dengan nilai jual yang sangat baik.

“Memang ada beberapa jenis ikan yang produksi tangkapan sangat tinggi. Namun untuk yang dikirim ke luar yaitu tuna. Ini yang menjadi andalan para nelayan Mitra,” ungkapnya.

Meski begitu, untuk berapa banyak yang diekspor belum bisa dipastikan jumlah pastinya karena hasil tangkapan langsung dibawa ke perusahaan di Bitung.

“Kan untuk penentuan berapa yang diekpor harus melalui tes mutu dan kualitas ikan. Misalnya dicek seseuai permintaan gret berapa yang bakal dikirim,” jelas Monigir.

Adapun untuk taksiran jumlah capaian tuna dalam sebulan, menurutnya bisa mencapai belasan hingga puluhan ton.

“Yah memang untuk bicara angka pasti tentu belum bisa pastikan. Tapi kalau untuk perkiraan tentu bisa mencapai ratusan ton. Karena jika dilihat dari hasil tiap pengiriman sebulan bisa mencapai puluhan ton,” tandasnya.(ten)

Add Comment