Ketua APEKSI Komwil VI Akui Kota Manado Alami Perubahan dan Kemajuan Signifikan

Ketua APEKSI Komwil IV, Richard Louhanapessy
Ketua APEKSI Komwil IV, Richard Louhanapessy

MANADO, (manadotoday.co.id) – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) VI, Richard Louhanapessy mengatakan, kegiatan lokakarya yang digelar oleh APEKSI Komwil VI dengan tema ‘Tata Kelola Kota Inklusif’, tidak hanya sekadar ajang saling tukar pikiran untuk memecahkan berbagai permasalahan yang muncul di wilayah masing-masing, tapi juga sebagai tempat untuk memelihara solidaritas.

“Paling tidak, lewat kegiatan ini dalam komitmen bersama kita memelihara semangat solidaritas regional yang ada di kawasan enam wilayah Indonesia Timur,”kata Wali Kota Ambon ini saat membuka kegiatan Lokakarya APEKSI Komwil VI, bertempat di salah satu hotel di Jln Piere Tendean, Boulevard, Manado, Jumat (27/07/2019) malam.

Selain memelihara solidaritas regional, kegiatan ini kata dia, juga merupakan manifestasi dari kerendahan hati dari kepala-kepala daerah yang ingin belajar dari satu kota ke kota yang lain yang ada di Komwil VI.

“Oleh karena itu, saya selaku ketua komwil harus memberikan apresiasi kehadiran kita memberikan indikasi yang kuat kita ingin belajar dari kota-kota yang kita kunjungi. Kalau hari ini kita di Manado, itu artinya kita belajar juga tentang apa yang telah dicapai oleh Manado dibawah kepemimpinan Pak Vicky selama ini,”ujarnya.

Dia pun mengapresiasi Wali Kota G.S Vicky Lumentut yang menurutnya berhasil membawa perubahan dan kemajuan yang sangat signifikan di Kota Manado.

“Kami berbincang-bincang tadi saat minum kopi, Pak Hidayat (Wali Kota Palu) bertanya kepada Pak Vicky, “Apa sebetulnya trik dari Manado, ini kota bersih luar biasa”, Ini sebenarnya indikator bagaimana kita belajar dari teman-teman di wilayah timur,”tutur Louhanapessy.

Louhanapessy menambahkan, dipilihnya tanggal pelaksanaan Lokakarya APEKSI Komwil VI pada 26 sampai 27 Juli memang sudah diatur sedemikian rupa agar mereka bisa menyaksikan iven Manado Fiesta 2019.

“Karena pola pendekatan kita memakai pola ATM, Amati, Tiru, Modifikasi. Jadi kalau misalnya besok, ya maaf Pak Vick kalau misalnya ada pola (Manado Fiesta) yang sama di Palu atau Ambon. Itu sebenarnya manfaat dari pertemuan-pertemuan regional yang dilaksanakan dari satu kota ke kota yang lain,”tukas Louhanapessy, sembari berterima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Manado yang sudah bersedia menjadi tuan rumah kegiatan lokakarya APEKSI Komwil VI tersebut.

Turut hadir Wali Kota Manado, G.S Vicky Lumentut, Wali Kota Gorontalo, Hi. Marthen Taha, Wali Kota Tidore, Capt. Hi. Ali Ibrahim, Wakil Wali Kota Pare-pare, Paemanan Rahim, Wali Kota Tarnate, H. Burhan Abdurrahman, Wali Kota Palu, Hidayat dan Wakil Wali Kota Bau-bau, Laode Ahmad Monianse, (ryan)

Add Comment