Buka Porkab Mitra, Bupati JS: Olahraga Merupakan Pemersatu Bangsa yang Membawa Perdamaian

Buka Porkab Pertama Mitra, Bupati JSRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Ribuan olahragawan dari kalangan pelajar, masyarakat umum dan atlet turut berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Minahasa Tenggara (Mitra). Kegiatan yang melibatkan warga dari 12 Kecamatan di Mitra itu dimulai 16 – 25 Juli 2019, dibuka Bupati Mitra James Sumendap (JS) di Lapangan Ompi Ratahan, Selasa (16/7/2019).

Dalam sambutannya Bupati JS, sosok yang visioner itu mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka mempersiapkan generasi muda Mitra yang berprestasi dan mampu bersaing di usia 100 tahun Indonesia Emas.

Menurutnya, pembinaan para atlit muda itu perlu digalakkan sedari dini agar menghasilkan prestasi yang membawa harum nama daerah Tanah Patokan Esa itu di mata nasional bahkan dunia internasional.

“Porkab di Minahasa Tenggara ini dalam rangka menjemput Indonesia Emas (100 tahun). Kita masih punya 26 tahun membina para atlit terbaik di Mitra, sehingga pada tahun 2045 nanti kita akan menghasilkan anak-anak Indonesia Emas dari daerah kita tercinta. Yang berprestasi, berdedikasi dan bertalenta luar biasa untuk membela daerah Minahasa Tenggara. Mari sambut dengan semangat yang luar biasa,” ujar Bupati JS disambut riuh tepuk tangan para peserta.

Sumendap melanjutkan, olahraga merupakan pemersatu bangsa yang membawa perdamaian. Ia menginstruksikan jajaran pemerintah kecamatan dan desa untuk menyukseskan Porkab pertama di Mitra itu.

“Olahraga bukan cuma bagian untuk mengisi kegiatan, tapi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semangat berbangsa dan bernegara. Olahraga lahir karena semangat persatuan dan kesatuan. Saya meminta pemerintah kecamatan sampai ke desa-desa mensuport secara langsung kegiatan ini,” pinta Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sulut dua periode itu.

Para peserta Porkab diminta untuk menunjukkan prestasi terbaiknya lewat masing-masing lomba cabang olahraga. Bupati JS berharap, akan lahir prestasi gemilang yang dapat mewakili Mitra di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Provinsi Sulut yang akan digelar di Bitung pada waktu mendatang.

“Suatu daerah dikenal lewat cabang olahrga. Perstasi kita bukan sampai hanya di tingkat kecamatan, kabupaten dan daerah. Tapi sampai tingkat nasional bahkan internasional. Oleh karena itu berprestasilah, sehingga adik-adik kita bisa dikirim dalam Pekan Olahraga Daerah Sulut. Menjadi kebanggaan daerah Mitra,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mitra Djelly Waruis mengungkapkan, gelaran Porkab itu merupakan kali pertama di Mitra. Mengambil tema : Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga di Kabupaten Minahasa Tenggara, Menuju Mitra Makin Hebat.

“Apresiasi kepada Bupati yang menaruh perhatian pada pengembangan dunia olahraga Mitra. Saya harap lewat Porkab akan menorehkan prestasi yang lebih hebat dari sebelumnya,” tukasnya.

Dalam pembukaan Porkab siang itu Bupati James Sumendap turut didampingi Wakil Bupati Jocke Legi, Sekda Robby Ngongoloy, Ketua DPRD Mitra Marty Ole, serta jajaran Forkopimda Mitra dan kepala SKPD lainnya.(ten)

Add Comment