Tahun Ini Pemkot Manado Siapkan Lima Alat Pembakar Sampah

Reporter : | 30 Jun, 2019 - 8:14 am WITA

Wali Kota Vicky Lumentut saat turun langsung membersihkan sisa-sisa sampah banjir pada bulan Februari lalu

Wali Kota Vicky Lumentut saat turun langsung membersihkan sisa-sisa sampah banjir pada bulan Februari lalu

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota G.S Vicky Lumentut (GSVL) mengatakan, tahun 2019 ini, Pemkot Manado berencana membeli lima unit alat pembakar sampah (incinerator).

“Saya berharap bisa ada lima unit (incinerator) melalui anggaran perubahan. Dan tahun depan sisanya itu kita siapkan sehingga semua kecamatan memiliki alat pembakar sampah,” kata wali kota usai acara sosialisasi Perwal nomor 33 tahun 2019 tentang pengurangan dan penanganan sampah berbasis kecamatan, bertempat di kantor wali kota, Jumat (28/6/2019).

Lanjutnya mengatakan, alat pembakar sampah ini merupakan solusi terbaik sambil menunggu selesainya pembangunan TPA Regional Iloilo di Desa Wori yang merupakan program dari pemerintah provinsi.

“Incinerator yang digunakan juga tidak sembarangan, karena ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, jadi kami menggunakan alat incinerator yang direkomendasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup,”tutur wali kota.

Selain itu, Pemkot Manado juga akan menyiapkan alat incinerator khusus sampah medis.

“Jadi kalau ada rumah sakit yang belum memiliki alat Incinerator untuk patologi wajib untuk memproses pembakarannya di alat yang akan kami siapkan,”tandas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment