Selesaikan Tiga Masalah Urgent Kota Manado, Pemkot dan Unima Jalin Kerja Sama

Reporter : | 11 Jun, 2019 - 9:00 am WITA

Selesaikan Tiga Masalah Urgent Kota Manado, Pemkot Jalin Kerja Sama dengan Unima

Selesaikan Tiga Masalah Urgent Kota Manado, Pemkot Jalin Kerja Sama dengan Unima

MANADO, (manadotoday.co.id) – Sampah, kemacetan dan bencana banjir serta longsor menjadi masalah utama yang saat ini sedang diseriusi oleh Pemkot Manado. Untuk menyelesaikan ketiga problem tersebut, Wali Kota G.S Vicky Lumentut meminta sumbangan pikiran dari para guru besar di Universitas Negeri Manado (Unima).

Menurut wali kota, solusi dari ketiga masalah tersebut sebenarnya sudah didapatkan oleh jajaran Pemkot Manado, namun, akan lebih baik jika dilengkapi berbagai pandangan dari akademisi, apalagi, jika ada pemecahan masalah yang lebih baik.

“Contohnya untuk masalah sampah, kami telah menyiapkan berbagai solusi diantaranya pengadaan motor sampah, menempatkan mesin incinerator (pembakar sampah) di tiap kecamatan, membatasi penggunaan sampah plastik serta merehabilitasi TPA Sumumpo jika TPA Regional sudah selesai dibangun,”ujar Wali Kota G.S Vicky Lumentut saat melakukan pertemuan dengan para guru besar Unima di kantor pusat Unima, Tondano, Minahasa, Selasa (10/6/2019).

Begitu juga untuk ‘banjir’ kendaraan, Pemkot Manado telah menyiapkan dan melakukan berbagai upaya, diantaranya, melakukan rekayasa lalu lintas, membuat jalan lingkar serta rencana penggunaan tranportasi air.

“Dan untuk banjir dan longsor, kami sedang melanjutkan revitalisasi DAS Tondano, akan mengelola beberapa sungai di Kota Manado, melarang pembangunan di sepadan sungai, melarang membuang sampah di sungai dan solusi-solusi lain yang sudah kami siapkan,”tutur wali kota.

Selesaikan Tiga Masalah Urgent Kota Manado, Pemkot Jalin Kerja Sama dengan Unima

Selesaikan Tiga Masalah Urgent Kota Manado, Pemkot Jalin Kerja Sama dengan Unima

Dia pun berharap, kerja sama dengan Unima ini dapat melahirkan ide-ide, bahkan, teknologi baru untuk menyelesaikan berbagai masalah yang saat ini dihadapi Kota Manado.

“Unima ini memiliki banyak orang-orang cerdas dengan ide-ide brilian, saya harap bantuannya untuk peningkatkan pembangunan di Kota Manado. Mungkin dalam waktu dekat kita bisa menggelar Forum Group Disscussion (FGD) untuk membicarakan hal ini lebih dalam lagi,”tandas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Usai diskusi singkat, dilanjutkan dengan penandantangan MoU antara Pemkot dan Unima dalam rangka rencana ke depan untuk kepentingan pembangunan di Kota Manado.

Turut hadir, Rektor Unima Prof Dr Julyeta P.A. Runtuwene para guru besar dan beberapa Kepala OPD Pemkot Manado.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment