Irup Hari Lahir Pancasila, Wawali Mor: Kita Indonesia, Kita Pancasila!

Irup Hari Lahir Pancasila, Wawali Mor: Kita Indonesia, Kita Pancasila!
Irup Hari Lahir Pancasila, Wawali Mor: Kita Indonesia, Kita Pancasila!

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pancasila harus terus menerus secara konsisten direalisasikan sebagai dasar dan ideologi negara. Menjadi pemersatu bangsa Indonesia untuk menghasilkan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan adil dalam kemakmuran.

Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan saat mewakili Wali Kota G.S Vicky Lumentut membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Hariyono dalam Upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di lapangan Sparta Tikala, Sabtu (1/6/2019).

Lanjut dikatakan Wawali Mor, pancasila sebagai dasar, ideologi dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘founding fathers‘, merupakan suatu anugerah tiada tara dari Tuhan yang Maha Esa.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita pun harus akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat pancasila,”kata Wawali Mor yang juga bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni kata dia, bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI) tanggal 18 agustus 1945.

“Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.”ujarnya.

Dia menambahkan, pancasila merupakan bintang penuntun yang mengandung visi dan misi negara dengan orientasi ke arah perjuangan dan pembangunan bangsa.

“Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia. Kita Indonesia, kita pancasila,”tandas Wakil Wali Kota Mor Bastiaan.

Turut hadir Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado.(ryan)

Add Comment