Dandim 1302/Min Hadiri Upacara Peringatan HARKITNAS Pemkab Minahasa

dec915d64e51d37c6269c5827fd35ab0.0TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) bertempat di lapang kantor bupati Minahasa, Senin (20/05/2019).

Upacara yang mengambil tema “BANGKIT UNTUK BERSATU” tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forkompida Kabupaten Minahasa serta perwakilan sekolah-sekolah yang berada di wilayah Tondano.

Adapun kegiatan upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Gideon Pakasi, Joshua Kereh, Waraney Saraun yang merupakan perwakilan pelajar SMA terbaik dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa.

Dalam upacara peringatan Harkitnas ke-111 kali ini, sebagai Inspektur Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara,

“Salam damai sejahtera buat kita semua, saudari-saudara seluruh Rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Pulai Rote yang saya hormati, dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada kitab Pararaton tertulis: Siar Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, Sira Gajahmada, Lamun huwus kala Nusantara isun amukti Palapa, lamun kara ring gurun, ring saran, Tanjung pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti Palapa , ” ujar Dondokambey.

“Memang banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “Amukti Palapa”. Namun sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa Amukti Palapa berarti sesuatau yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada, artinya ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.”sambungnya.

Lebih Lanjut Wakil Bupati membacakan, Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia, wilayah Nusantara yang dipersatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para Pahlawan Nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujut dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

“Sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif berlangsung dengan lancar, kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa, sungguh mulai pengorbanan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini. Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para Pahlawan Demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terimakasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang dalam waktu yang tidak lama lagi,”katanya

Diakhir sambutan, Robby Dondokambey mengucapjan selamat memperingati hari kebangkitan nasional yang ke-111, seraya mengajak sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan pentas Global.

“Indonesia Bangkit, Indonesia Bersatu,” tandasnya.

Turut Hadir Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Sekertarias Daerah Kab.Minahasa Jeffry Korengkeng SH M.Si, Wakil Ketua TP PKK Martina Dodokambey Lengkong. (rom)

Add Comment