Saksi dan Pengawas Tak Miliki Salinan C1, Bawaslu Manado: Buka Kotak Suara

(foto: Bawaslu Manado)
(foto: Bawaslu Manado)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Saksi parpol dan pengawas diharuskan memiliki C1 salinan yang diberi saat pungut hitung sebagai data pembanding saat pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil pemilu.

Jika saksi dan pengawas justru tidak diberikan salinan tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manado menginstruksikan kepada seluruh jajaran Panwascam untuk merekomendasi buka kotak suara.

“Buka kotak, cermati bersama C1 Planonya. Bagaimana jika C1 Planonya tidak berhologram? Maka pastikan itu ada cap dari KPU.” jelas anggota Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih, Senin (22/4/2019).

Jika C1 Plano bermasalah, maka langkah berikut menurut Bilfaqih lakukan Penghitungan Suara Ulang, namun, sebelumnya dilakukan klarifikasi ke masing-masing jajaran (KPPS, PTPS, SAKSI) yang dihadirkan saat rekap PPK.

“Untuk C1 Plano bermasalah, Bawaslu Manado instruksikan jajaran agar KPPS dihadirkan dalam rekap PPK. Apalagi di beberapa kecamatan yang telah terjadi perpidahan, membuka dan perbaikan segel kotak suara. Itu harus cermati lagi.” pungkas Taufik Bilfaqih.(ryan)

Add Comment