Pemkot Gelar FGD Analisis Penerapan Standar Belanja

29a07cf0305f687521f6b5c9e51a1719.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan membuka Fokus Group Dicussion (FGD) analisis penerapan standar belanja Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, di Ruang Sidang Lantai VI Kantor Walikota Bitung, Senin (4/3/2019).

Menurutnya, salah satu aspek dari pemerintah daerah yang harus diatur secara hati-hati, adalah masalah pengelolaan keuangan daerah dalam hal ini anggaran daerah, atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan instrumen kebijakan yang utama bagi pemerintah daerah.

“Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi penyusunan anggaran tahun-tahun mendatang, sehingga lebih efektif dan efisien. Disamping itu juga merupakan bentuk pertanggung jawaban Pemerintah Kota Bitung kepada masyarakat,” katanya.

Lanjut Pangemanan penerapan Analisis Standar Belanja (ASB) dalam pengelolaan keuangan daerah telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana ASB adalah penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan.

“Dan merupakan salah satu komponen yang harus dikembangkan sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan dalam penyusunan APBD,” imbuhnya.

Turut hadir Asisten II Perekonomian Drs Jefry Wowiling, Asisten III Administrasi Umum Yoke Senduk SH MSi. Tim ahli BAPPEDA dan BKAD Provinsi Sulut Dr Vecky A J Masinambouw SE MSi, Koordinator Program Studi Magister Akuntansi Fekon Unsrat Manado Dr Lintje Kalangi serta para Kepala Perangkat Daerah.(kys)

Add Comment