Pimpin Apel Kerja, Roring Minta ASN dan Pejabat Jadi Contoh Pelaporan Pajak Tahunan

Royke O Roring,  Pajak TahunanTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring, memimpin apel kerja awal bulan Maret, dirangkaikan dengan Pekan Panutan Pelaporan SPT Tahunan dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA UHC) serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan, bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa, Senin (4/3/2019).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman SH, M.Kn, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH, MH, Asisten Deputi Direksi BPJS Kesehatan Suluttenggo Malut Daniar Hasyim Dahlan, SE,MM.AAAk, Kepala BPJS Kesehatan Cab. Tondano Doni Jembar Saeffudin S,Kom, Itil, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado Tri Chandra Kartika, Kepala Kantor KPP Pratama Bitung Marasi Napitupulu, serta ASN dan THL.

Dalam Kegiatan tersebut Kepala Kantor KPP Pratama Bitung Marasi Napitupulu mengatakan, Pekan Panutan di Kabupaten Minahasa diselenggarakan oleh setiap unit vertikal di lingkungan Direktorat Jendral Pajak. Latar Belakang penyelenggaraan Pekan Panutan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat akan pentingnya pajak bagi keberlangsungan pembangunan di Indonesia.

Untuk memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran dan pelaporan SPT, dirjen pajak pada tahun 2013 berinovasi memperkenalkan pelaporan secara online melalui e-filing dan membuat setoran pajak melalui e-billing. Pada tahun 2018 pelaporan melalui efiling oleh seluruh wajib pajak di Indonesia mencapai lebih dari 9 juta wajib pajak.

Akan tetapi pada tahun yang sama, terjadi penurunan rasio kepatuhan pelaporan SPT Tahunan PPh baik oleh Orang Pribadi maupun Badan Usaha. Untuk itu Direktorat Jendral Pajak senantiasa berupaya meningkatkan kesadaran seluruh wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan antara lain menghitung, membayar dan melaporkan SPT Tahunan PPh melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, kampanye simpatik, termasuk diantaranya adalah kegiatan Pekan Panutan ini.

“Saya menghimbau kepada pimpinan Kabupaten Minahasa beserta jajaran agar taat memenuhi kewajiban pelaporan SPT Tahunan WP OP/Badan , ” ujarnya.

Dia juga mengingatkan batas pelaporan SPT tahunan WP OP yaitu tanggal 31 Maret, sedangkan untuk pelaporan Tahunan WP Badan yaitu 30 April setiap tahunnya. Salah satu kemudahan yang diberikan Direktorat Jendral Pajak dalam pelaporan SPT Tahunan PPh yaitu menggunakan e-filing, dengan e-filing kita bisa lapor SPT Tahunan secara online dimana dan kapan saja.

Sementara Bupati Minahasa mengatakan apel perdana ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat motivasi kerja serta membangun kebersamaan tim kerja pemerintah daerah dalam mensinergikan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan agar selaras dengan dinamika tuntutan perubahan yang berkembang dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Karena itu apel ini harus dimaknai dengan tekad dan semangat yang tinggi untuk mengabdi bagi tanah tercinta Minahasa. Sesuai dengan Visi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yakni Terwujudnya Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera, maka ini merupakan saat yang tepat bagi seluruh jajaran pemerintahan untuk berusaha mengedepankan cara kerja berdasarkan waktu dan kecepatan demi merealisasikan Visi tersebut.

Kita akan sulit untuk mengejar kemajuan kalau masih menggunakan cara kerja konvensional, harus ada lompatan dan perubahan paradigma kerja dengan memandang bahwa setiap pekerjaan memerlukan kesungguhan, inovasi dan kreatifitas serta harus selesai tepat waktu dan berkualitas, sehingga apa yang kita programkan akan membuat Minahasa semakin hebat kedepannya. Tadi juga kita sudah menyaksikan komitmen pemerintah yang bersinergis antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten dalam rangka mewujudkan kesejahteraan lewat kerjasama dengan BPJS Kesehatan yaitu kerjasama lanjutan dalam rangka menopang kesehatan masyarakat.

“Dan pemerintah Kabupaten Minahasa juga mendapatkan penghargaan dari BPJS Kesehatan karena 100 % masyarakat di Kabupaten Minahasa sudah di-protect oleh BPJS Kesehatan, dan juga ada sekitar 7.000 BPJS Mandiri yang beralih ke BPJS yang ditanggung pemerintah. Tadi juga kita telah menyaksikan komitmen pemerintah dengan diserahkannya dana santunan sebesar 24 juta rupiah kepada ahli waris dari perangkat desa dan tokoh agama yang meninggal dunia.”katanya.

“Sebanyak 3.534 orang aparatur desa yang sudah dijamin oleh pemerintah dalam BPJS Ketenagakerjaan, Sebelumnya di 2018 silam, BPJS-TK telah melindungi 2.631 pegawai non ASN/THL serta 556 Aparatur Kelurahan , ” terang Bupati.

Ini merupakan tanda bahwa pemerintah Kabupaten Minahasa sangat memperhatikan jaminan sosial Ketenagakerjaan. Semua Program Nasional telah dilakukan pemerintah baik pemerintah Provinsi maupun pemerintah Kabupaten.

“Tadi juga kita telah mendengarkan penyampaian dari Kepala KPP Pratama Bitung kita perangkat harusnya memberi contoh, Dia menghimbau kepada Kepala-kepala yang belum melaporkan harus melapor sebelum tanggal 30 Maret , ” himbau Bupati.

Dia juga mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan karena wabah demam berdarah masih berkembang beberapa hari lalu tercatat 281 kasus Demam Berdarah dan 2 orang yang meninggal dunia akibat Demam Berdarah.

“Tanpa terasa 44 hari lagi kita akan melaksanakan Pemilu. Untuk pertama kalinya kita memegang 5 surat suara, dan bagi yang sudah mengetahui untuk mengsosialisasikan, dan menetapkan pilihan sebelum masih kebilik pemilihan. Tanpa terasa bulan maret genap 6 bulan beliau dan wakil bupati memimpin minahasa beliau meminta kepada kita semua untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kita harus melayani dengan kesederhanaan dan jangan arogan. “Mari kita bersama-sama seiring sejalan mewujudkan Minahasa semakin hebat , ” pinta Bupati.

Sebelum sambutan, dilaksanakan penyerahan tanda bukti terima penyampaian SPT orang pribadi dilanjutkan penyerahan plakat dari Kepala KPP Pratama Bitung kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA UHC), penyerahan piagam penghargaan UHC Kabupaten Minahasa oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Kepada Pemerintah Kabipaten Minahasa, serta Pemberian santunan kepada Ahli Waris Alm. Jantje Karundeng, jabatan terakhir sebagai sekretaris desa Lolah Dua Kecamatan Tombariri Timur, Ahli waris dari Alm. Stenly Lontoh, jabatan terakhir sebagai sekretaris Desa Suluan Kecamatan Tombulu, serta Ahli waris Pdt. Fredy Sumolang jabatan terakhir Gembala GPDI Yerusalem Langowan. (rom)

Add Comment