Sukses Musrembang RKPD Kecamatan Kumelembuai

Reporter : | 31 Jan, 2019 - 11:13 pm WITA

Kecamatan Kumelembuai, Musrembang Kumelembuai, Michael Kamang Waworuntu SSTP,Jan Joppy Mongkaren, AMURANG, (manadotoday.co.id) – Tahapan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Kumelembuai, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2020 sukses dilaksanakan, Kamis (31/1/2019).

Acara yang dibuka langsung oleh Camat Michael Kamang Waworuntu SSTP, diikuti oleh sejumlah utusan dari 8 Desa di Kumelembuai dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Minsel serta Anggota DPRD Jan Joppy Mongkaren, berhasil merumuskan Program Prioritas yang disinergikan dengan pencapaian Visi Misi Bupati Minahasa Selatan Ibu DR. Christiany Eugenia Tetty Paruntu dan Wakil Bupati Franky Donni Wongkar I pada tahun ke – 5 RPJMD Kabupaten Minsel, yakni

– Penyelamatan Jalan Kumelembuai (Jalan Amblas)

– Penyelamatan Jalan Makasili – Kumelembuai (Amblas);

– Perbaikan Jalan Kumelembuai – Malola;

– Perbaikan Jalan Malola – Motoling;

– Rehabilitasi/ Pembangunan Puskesmas Kecamatan Kumelembuai;

– Bantuan untuk Kelompok Tani;

– Rehabilitasi Sekolah/ penambahan ruang kelas baru;

– Pembangunan Rumah Bantuan Swadaya;

– Pembangunan Pasar Desa

– Penerapan Klinik Pertanian

– Pemberdayaan Karang Taruna

– Pembangunan Drainase

– Penambahan Fasilitas dan Tenaga Kesehatan Puskesmas

– Peningkatan Sarana Kantor Kecamatan.

“Semoga Kecamatan Kumelembuai semakin maju dan partisipasi masyarakat semakin tinggi dalam menunjang program pemerintah dan pembangunan,” ujarnya seraya berharap sejumlah program yang telah berhasil dirumuskan tersebut ada yang akan masuk skala prioritas pembangunan Pemkab Minsel Tahun 2020.

Sebelumnya Kadis Bapelitbang Minsel Tertius Ulaan melalui Kabid Pendanaan Pembangunan Christovel Manoppo, menjelaskan Musrembang RKPD adalah agenda rutin yang dilaksanakan secara berjenjang dari Desa hingga pemerintah pusat sebagaimana UU Nomor 25 Tahun 2004.
“Karena itu diharapkan program yang akan diputuskan dan disepakati adalah hasil musyawarah bersama yang disesuaikan dengan visi misi Bupayi dan Wakil Buoayi serta prioritas pembangunan Pemkab Minsel Tahun 2020,” tukas Manoppo.

Sementara itu Anggota DPRD Jan Joppy Mongkaren mengatakan dirinya akan mengawal dan memperjuangkan hasil musrembang di tingkat Kabupaten menjadi salah satu prioritas program pembangunan di Tahun 2020.

” Sebagai Wakil Rakyat tentu menjadi kewajiban dan tugas saya untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat termasuk hasil Musrembang,” tandasnya.

Diketahui pada kegiatan tersebut sejumlah OPD diberikan kesempatan memaparkan program kerja Tahun 2018.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Perumahan dan Pemukiman Frangky Mamangkey SIP, Sekertaris Dinas Kesehatan Rein Koleangan, Sekertaris Dinas Pendidikan Joy Tangkere, Danramil Motoling Peltu Roy Sumakul, Polsek Motoling serta utusan OPD Pemkab Minsel dan undangan lainnya.(lou)

Baca Juga :

Leave a comment