Wabud RD Buka Talent Mapping Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2018

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), membuka kegiatan Talent Mapping Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2018,  bertempat di Aula BKPSDM Kabupaten Minahasa, Selasa (4/12/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Dosen IAKN Manado Dr.Max .G.Ruindungan,MPd sebagai Assesor,Kepala BKPSDM Drs M Lutvy Rumate,MSi, serta 19 peserta Talent Mapping di lingkungan Kabupten Minahasa.

Dalam sambutannya, wakil bupati mengajak semua peserta yang hadir untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena dapat menghadiri kegiatan tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan Talent Mapping atau Pemetaan Kompetisi Pegawai bagi pejabat pimpinan tinggi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa ini dipandang penting untuk penempatan pegawai berdasarkan the right man in the right place yang mana ini sesuai juga dengan undang undang No 5 th 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN) yang menyebutkan bahwa penempatan ASN harus berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul , jenis kelamin, status pernikahan ataupun kondisi kecacatan,” ujar RD.

Dia pun menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut disertai ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung.

Sejalan dengan upaya membentuk sosok aparatur sipil negara yang profesional, kehadiran­ sebuah pemetaan kompetensi merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan real aparatur dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan untuk menjamin objektivitas, transparansi, akunta­bilitas dan kredibilitas hasil, maka dalam kegiatan assesmen ini pihak BKPSDM Kabupaten Minahasa wajib melakukan kerjasama dengan lembaga berkompetensi dalam hal ini Universitas Negeri Manado yang diyakini memiliki kompetensi dan kredabilitas dalam melaksanakan assesmen .

Assesmen kompetensi ini utamanya adalah untuk melakukan penilaian terhadap kompetensi manajerial yang dimiliki oleh para pejabat pimpinan tinggi, hasilnya dapat dijadikan dasar untuk melakukan penempatan.

“Saya sangat berharap tidak ada intervensi maupun tindakan untuk mempengaruhi hasil yang akan dicapai,” papar RD.

Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat visi maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera, telah mengejawatahkan lewat salah satu misi yakni meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing serta ditopang nawa cita yakni pemerintahan yang bersih dan terpercaya dengan program unggulan mendorong profesionalitas pegawai negeri sipil kiranya akan tercapai dengan kegiatan kegiatan positif seperti saat ini.

“Doakan yang dikerjakan, kerjakan yang didoakan, percaya diri dan lakukan yang terbaik akan menjadi kunci sukses dalam mengikuti kegiatan ini,” tutup RD. (rom)