Pertama di Sulut, Kota Manado Bakal Terima Penghargaan Kota Layak Pemuda 2018

Reporter : | 27 Okt, 2018 - 3:02 pm WITA

Kota Layak Pemuda 2018, manado Kota Layak Pemuda 2018, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Laurens Umboh,Lomba Kreasi Pemuda 2018

Kadispora Laurens Umboh

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kota Manado dibawah komando Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, kembali menorehkan prestasi dengan menjadi daerah satu-satunya di Sulawesi Utara (Sulut) yang akan mendapatkan penghargaan Kota Layak Pemuda 2018.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Laurens Umboh, salah satu aspek yang dinilai untuk penghargaan Kota Layak Pemuda ini adalah pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pelatihan generasi muda.

“Misalnya kita menggelar kegiatan pelatihan kewirausahaan, nah, data mereka yang mengikuti pelatihan dikirim ke kementerian, dan kementerian akan memantau apakah mereka ini mendapat manfaat dari pelatihan tersebut atau tidak,”jelas Umboh, di Star Square Bahu Mall, Jumat (26/10/2018).

Umboh pun mencontohkan salah satu bukti nyata yang dilakukan oleh Pemkot Manado, adalah lewat kegiatan Lomba Kreasi Pemuda 2018 kategori lomba barber.

“Kegiatan tersebut (Lomba Kreasi Pemuda 2018) bukan hanya sekedar hura-hura, tapi dari komunitas yang ikut ambil bagian dalam lomba barber, ada beberapa hasil dari pelatihan kewirausahaan yang kami gelar, mereka mendapat ilmu dari pelatihan untuk bekerja atau menciptakan lapangan kerja baru,”tukas Umboh.

Lanjutnya, Pemkot Manado sendiri tidak menargetkan penghargaan Kota Layak Pemuda.

“Program wali kota untuk sebanyak mungkin menggelar kegiatan seperti pelatihan, agar mereka yang mengikuti pelatihan memiliki kemampuan untuk turun ke dunia kerja atau bahkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Kalaupun diberikan penghargaan, itu karena penilaian tersendiri dari kementerian. Apalagi, tim penilai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Bappenas, melakukan penilaian tanpa diketahui oleh pemerintah kota,”tandas Kadispora Laurens Umboh.

Diketahui, rencananya penghargaan Kota Layak Pemuda 2018 akan diterima oleh Pemkot Manado dalam sebuah acara di Jakarta pada Senin (29/10/2018).(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment