Dapatkan Opini WTP, Pemkot Manado Terima Penghargaan Dari Kementerian Keuangan

WTP manado, WTP manado 2017,  Kementerian Keuangan, Muhdi SE SIP MIS PhD,GS vicky lumentut, mor bastiaanMANADO, (manadotoday.co.id) – Berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Dominus Bastiaan, diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Muhdi SE SIP MIS PhD, di ruang kerja Senin (15/10/2018).

Penghargaan tersebut diberikan Kemenkeu RI sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas upaya Pemkot Manado dalam memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan berdaya saing.

Lumentut pun berterima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut atas penghargaan yang diberikan tersebut.

“Terima kasih saya selaku Wali Kota Manado atas penghargaan yang diberikan Menteri Keuangan. Opini WTP yang diberikan BPK RI merupakan hasil kerja keras penyampaian laporan keuangan sesuai akuntabilitas pengelolaan dan pertanggung-jawaban keuangan pemerintah daerah. Kami berupaya bagaimana kami dapat melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi keuangan pemerintah,” tukas Lumentut.

Lanjutnya, ‘hadiah’ dari Kemenkue itu akan dijadikan sebagai pemicu semangat dan komitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat Kota Manado.

Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Muhdi SE SIP MIS PhD, menjelaskan penghargaan dari Kemenkeu RI itu diberikan kepada 93 entitas Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi, Kota, dan Kabupaten di Indonesia.

“Ini adalah tindaklanjut dari Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 yang digelar Direktorat Jenderal Perbendaharan Negara di Jakarta pada tanggal 20 September lalu. Kami juga telah menyerahkan penghargaan yang sama kepada Wali Kota Bitung, Wali Kota Tomohon dan Bupati Minahasa,” tandas Muhdi didampingi Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Yovi Candra.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut, Ketua DPRD Kota Manado Norce Henny Van Bone dan Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos.(***/ryan)