Sempat Anjlok, Pertumbuhan Ekonomi Bitung Merangkak Naik

Reporter : | 15 Okt, 2018 - 8:58 am WITA

 Ekonomi Bitung , Pertumbuhan Ekonomi Bitung, Drs Syaifuddin MM,  keuangan di Kota Bitung,BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar rapat yang dihadiri langsung Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs Syaifuddin MM, dalam rangka pemantapan proses pengelolaan keuangan di Kota Bitung, di BPU Kantor Walikota Bitung, Sabtu (13/10/2018).

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban mengatakan, pengelolaan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dari tahun ke tahun terus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Terkait transaksi non tunai, Lomban mengatakan penerapannya sudah dimulai sejak tahun 2007 saat dirinya masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bitung dan maksimalnya penerpan tersebut mulai tahun 2008.

“Sampai sekarang ini penerapan transaksi non tunai di Pemkot Bitung sudah mencapai 90 persen. Penerapan hal tersebut dengan maksud meminimalisir terjadinya pungutan liar serta dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan. Namun ada beberapa transaksi yang pembayarannya masih dilakukan secara tunai seperti penyerahan bantuan sosial,” ulas Lomban.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi Kota Bitung tahun 2014 yang naik hingga 7 persen namun anjlok hingga 3,5 persen ditahun 2015 diakibatkan merosotnya sektor perikanan yang menjadi primadona perekonomian Kota Bitung karena regulasi Kementerian Kelautan Perikanan

“Untuk memulihkan kondisi perekonomian ini, Pemkot Bitung berinovasi berinvestasi di sektor pariwisata. Hal ini membuahkan hasil positif sehingga ditahun 2016 kondisi perekonomian merangkak naik menjadi 5 persen dan sampai tahun 2018 saat ini sudah mencapai 6,5 persen,” ulas Lomban.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Setda Kota Bitung, para pejabat jajaran Pemkot Bitung dan instansi terkait lainnya.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.