Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota BitungPERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bitung yang ke-28 dengan berbagai rangkaian kegiatan berlangsung sukses, aman dan lancar .

Acara yang diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Kota Bitung ke-28 di Kantor DPRD Kota Bitung, Rabu (10/10/2018) dihadiri Walikota Maximiliaan J Lomban dan Wakil Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM bersama Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, masing-masing didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung serta Ketua Dharma Wanita Kota Bitung.

Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban yang menggunakan pakaian adat Minahasa memamparkan berbagai program dan keberhasilan pemerintahannya dengan Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri diantaranya pengembangan sektor Pariwisata.

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung1“Alhasil di tahun 2017 pariwisata Kota Bitung terlihat sangat menjanjikan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kota Bitung naik hingga 6,19% dan yang lebih menggembirakan lagi yaitu sesuai data yang kami peroleh pada bulan Oktober 2018 ini terjadi peningkatan hingga 6,76%,” bebernya.

Usai Rapat Paripurna, Walikota Bitung bersama rombongan kemudian menuju Stadion Dua, guna mengikuti Upacara Bendera memperingati HUT Kota Bitung.

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung3Lomban yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan keberhasilan yang diraih Pemerintab Kota Bitung tidak lepas dari kerja keras semua pihak mulai dari legislatif, eksekutif maupun seluruh elemen masyarakat termasuk dunia usaha yang telah mendedikasikan semua karya dan pengabdian terbaik bagi pembangunan Kota Bitung.

“Karena itu momentum HUT kota Bitung ke-28 saya mengajak semua komponen masyarakat untuk terus meningkatkan sinergitas sebagai modal bagi keberhasilan pembangunan.Dan sebagaimana Tema saat ini ‘Inovasi dan Kerja Cerdas untuk Prestasi Menuju Bitung Hebat,” ucap Lomban.

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung4Menariknya di perayaan HUT ke 28 Tahun 2018 Pemerintah Kota Bitung menerima Penghargaan Dari Menteri Keuangan RI atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Capaian Opini WTP yang diserahkan langsung Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, Lomban juga menyerahkan SK Pensiun bagi para ASN dan menyematkan Selempang bagi para lulusan BLCC.

Selanjutnya, setelah upacara rombongan bergerak menuju Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Bitung dimana Wali Kota Bitung menghadiri acara puncak sekaligus penutupan iven seni dan budaya Festival Pesona Selat Lembeh 2K18.

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung5Dalam kemeriahan acara puncak yang menampilkan GIO Lelaki serta Band Ternama D’Massiv tersebut, Lomban berterima kasih serta mengapresasi kepada seluruh pihak baik seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung, Pihak penyelenggara, aparat keamanan dari TNI/Polri serta seluruh masyarakat kota Bitung yang telah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pergelaran kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2018 sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib.

Sukses Peringatan HUT ke-28 Kota Bitung6“Tahun 2019 nanti pelaksanaan FPSL akan kita buat lebih meriah lagi, Dirgahayu Kota Bitung!,” tuturnya.

Disisi lain Lomban menegaskan pihaknya , terus berkomitmen mewujudkan program pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta bebas korupsi dengan cara meningkatkan tata kelola pemerintahan. Apalagi menurut Lomban Pemkot Bitung pernah mendapatkan piagam daerah terbaik Tata Kelola Pemerintahan se-Indonesia Timur berdasarkan survei dari Indonesia Governance Index (IGI) terhadap Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten/Kota di Indonesia dan telah menandatangani pernyataan komitmen bersinergi memberantas korupsi, pada Rapat Koordinasi Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi yang dilaksanakan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

“Sebab kunci utama keberhasilan pencegahan korupsi pembenahan tata kelola di pemerintah daerah adalah komiten bersama seluruh stakeholder,” tukas Lomban.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda, Anggota DPRD Kota Bitung bersama ibu, beberapa mantan pejabat yang bertugas di Kota Bitung, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, Pengusaha, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.(kys/adv)