Lomban Canangkan Gerakan Pungut Sampah

Reporter : | 02 Okt, 2018 - 1:47 pm WITA

 

83e9c9bad3ebd6127f0b5f2c205d62fc.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar upacara bendera dengan inspektur upacara (irup), Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, di lapangan Kantor Walikota Bitung, Senin (1/10/2018).

Lomban mengajak segenap yang hadir untuk senantiasa menjaga kebersihan dan memelihara penghijauan di Kota Bitung, dimana kata dia penghijauan sangat penting bagi kehidupan manusia, apalagi untuk ketersediaannya oksigen yang cukup untuk Kota Bitung sendiri.

Saat itu Lomban didampingi Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, mencanangkan Gerakan Pungut Sampah sembari berharap agar supaya dapat gerakan tersebut dilaksanakan dan dapat ditunjang oleh seluruh pihak.

“Agar nantinya kedepan Kota Bitung akan semakin berbenah untuk menjadi kota bersih seiring dengan beberapa Piala Adipura yang kita sama-sama telah terima,” kata Lomban.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang membangun bangunan baru untuk hunian, agar supaya dapat memastikan untuk tempat penampungan tinja diperhatikan agar tidak bocor, karena jika bocor maka akan mencemarkan pasokan air bersih yang ada di dalam tanah.

Terkait kejadian yang terjadi di Palu dan Donggala Lomban mengatakan bahwa hal tersebut menjadi duka bersama.

“Oleh karena itu marilah sama-sama kita membantu para saudara-saudara kita yang ada di sana dengan menyisihkan apa yang ada ditempat kita seperti akaian, selimut, obat-obatan, makanan yang bisa bertahan berhari-hari seperti mie instan. Semuanya agar supaya dapat disalurkan untuk saudara kita di Palu dan Donggala. Duka mereka ialah duka kita juga. Untuk itu sembari kita menjalankan tugas kita di saat ini, kita mendoakan mereka agar supaya kejadian ini membuat mereka semakin kuat untuk menjalani hidup,” tutup Lomban.

Dalam kesempatan itu juga, Lomban dan Mantiri melakukan inspeksi terhadap mobil truk tinja, sembari mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memaksimalkan program ini demi menyukseskan Bersih di Dalam Tanah yang menjadi salah satu program 5 bersih pemerintahan MaMa.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment