Pemkot Bitung Kirim Bantuan Bencana Palu dan Donggala

Reporter : | 01 Okt, 2018 - 7:40 am WITA

Bantuan Bencana Palu, Pemkot Bitung, Bencana DonggalaBITUNG, (manadotoday.co.id) – Peristiwa gempa bumi dan tsunami yang menimpa beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah mendapatkan perhatian serius dari seluruh daerah di Indonesia termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi mengatakan, bantuan telah dipersiapkan lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, diberangkatkan melalui Pelabuhan Samudera Bitung menuju lokasi bencana di Palu, Sulawesi Tengah,” ujar Lomban, Minggu (30/9/2018).

Lanjut Lomban, hal ini sudah menjadi keharusan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Palu dan Donggala serta beberapa daerah sekitar akibat gempa dan tsunami.

Adapun bantuan yang dikirim disesuaikan dengan apa yang sangat dibutuhkan para korban bencana antara lain, tenaga relawan dari BPBD Kota Bitung 13 orang, genset 3 unit untuk membantu pasokan listrik, chanshaw 3 unit dan tenda 3 unit.

“Semuanya dipersiapkan untuk membantu penanganan darurat bagi pengungsi,” jelasnya.

Disamping itu juga telah disiapkan bantuan susulan lainnya berupa bahan makanan, selimut, terpal, makanan untuk bayi dan ibu hamil yang rencananya akan diberangkatkan lewat darat besok hari.

Lomban berharap bantuan yang disalurkan ini bisa membantu mengurangi beban para korban dan pengungsi akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakot Bitung Albert Sergius Pelenkahu menambahkan, sedikitnya ada 3 ribu dos mi instan yang dikirim.

Tepat pukul 21.30 Wita, Lomban bersama Kepala Distrik Navigasi M Jamin dan Kepal pangkalan PLP Kelas II Bitung Andi, melepas secara resmi bantuan bagi korban bencana. Bantuan ini diangkut menggunakan Kapal KN Ghandawa dan KN Merak membawa bantuan logistik dan para relawan yang terdiri dari TRC BPD, PMI, DISNAV, KPLP, Telkomsel dan Tim Medis untuk membantu para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Hadir pada pelesapasan tersebut Ketua PMI Kota Bitung yang juga Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban-Rawung MSi.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment