Cegah DBD, Dinkes Mitra Minta Pemerintah Desa Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan

Reporter : | 13 Sep, 2018 - 10:07 am WITA

dr Helny Ratuliu, james gosal, Dinkes MitraRATAHAN, (manadotoday­.ci.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Kesehatan, meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) aktif menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal warga.

“Kami meminta ada perhatian dari pemerintah desa untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan pemukiman,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Helny Ratuliu melalui Kabid pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P) James Gosal, Rabu (11/9/2018).

Ia mengakui, dalam penelusuran di lapangan pihaknya mendapati kasus sejumlah penyakit diakibatkan lingkungan kurang sehat.

“Dari tinjauan kami di lapangan, seperti demam berdarah menyebar karena lingkungan pemukiman yang tidak bersih,” katanya.

Dia mencontohkan, sanitasi yang tidak baik akan berpotensi berkembangnya nyamuk penyebab penyakit seperti demam berdarah.

“Seperti sanitasi di sejumlah desa yang kotor dan tergenang air itu menjadi berkembangnya nyamuk penyebaran penyakit,” jelasnya.

Dilanjutkan Gosal, keterlibatan Pemdes akan sangat membantu pihaknya mengendalikan penyebaran penyakit di kawasan pemukiman.

“Jika pemerintah desa sadar akan kebersihan lingkungan maka potensi penyakit dapat diminimalisir,”tandasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment