Kenaikan Gaji, Penguatan TIFF dan Infrastruktur RSUD Poin Penting APBD 2019 Tomohon

Reporter : | 06 Sep, 2018 - 8:58 pm WITA

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon mengungkapkan, kenaikan gaji 5 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), penguatan Tomohon International Flower Festival (TIFf) dan penguatan infrastruktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merupakan poin penting dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon tahun 2019.

Hal itu dikatakan wali kota saat membuka kegiatan Penyusunan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD.

Kebijakan umum anggaran adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode 1 tahun.

Wali Kota dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon

Wali Kota dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon

‘’Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan terkait kegiatan penyusunan KUA-PPAS tahun 2019 yaitu mengakomodasi kenaikan gaji ASN sebesar 5 persen, penguatan TIFF 2019, penguatan infrastruktur RSU Daerah dengan membangun fasilitas masyarakat yaitu terminal dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon,’’ kata wali kota.

Prioritas pembangunan yang dimaksud adalah kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, pelestarian SDA dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya serta pembangunan infrastruktur.

Hal penting lainnya dalam APBD 2019 adalah penguatan dalam bidang olahraga untuk menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.

‘’Dengan adanya proyeksi kenaikan jumlah APBD sehingga setiap perangkat daerah mengalami kenaikan pagu anggaran,’’ tukas Eman seraya menambahkan APBD 2019 rampung sebelum tahun anggaran 2019 dimulai. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment