Pelatihan Pembuatan Biopori Topang Bitung Go Green

Reporter : | 27 Agu, 2018 - 9:09 pm WITA

Bitung Go Green, Less Plastic City ,  Pelatihan Pembuatan Biopori, Bank Air Bawah Tanah, Ir Bambang IryantoBITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menopang gerakan Bitung Go Green dan Less Plastic City serta Gerakan Hemat Air, dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Biopori atau Bank Air Bawah Tanah, di BPU Kantor Walikota Bitung, Senin (27/8/2018).

Walikota Bitung Maximilian J Lomban SE MSi ketika membuka jalanya kegiatan mengatakan, saat negara kita Indonesia sedang terancam dengan gempa bumi seperti berita yang sering kita dengar beberapa waktu ini, dimana gempa bumi menewaskan ratusan orang di Lombok.

“Kita perlu bersahabat dengan alam ini dan memohon Tuhan menolong kita untuk berbuat sesuatu menyelamatkan alam ini. Itulah yang memotivasi terlaksananya kegiatan ini yaitu untuk mempelajari berbagai hal terkait dengan pemeliharaan alam,” ujar Lomban.

Lanjut Lomban, Pemkot Bitung belajar dari tempat yang sudah berhasil menerapkan sistem pemeliharaan lingkungan ini yaitu kota Malang, yang kemudian dimplementasikan di Kota Bitung, dan berusaha mengembangkannya agar jadi lebih baik lagi, melebihi tempat dimana Pemkot Bitung belajar.

“Memang alat untuk pembuatan biopori masih sementara disiapkan namun sekarang kita bisa mempelajari materinya dan ketika alatnya sudah ada, bisa langsung dipraktekan,” tutur Lomban.

Menurut Lomban, Kota Malang adalah kota yang maju dan pada tahun 2017 Pemkot Bitung belajar bagaimana menekan kebocoran air minum di kota tersebut. Sementara saat ini kota Bitung mampu menekan kebocoran tersebut baru sampai 43% dari 53% pada tahun sebelumnya, dan bertekad tahun depan turun 10%.

“Demikian seterusnya terus menurun tiap tahun, dan itu kita pelajari dari Mota Malang yang sampai saat ini mampu menekan sampai 19%,” pungkas Lomban sembari berterima kasih kepada Ir Bambang Iryanto dari Kampung Glintung Go Green Kota Malang, yang sudah datang membagi ilmu di Kota Bitung dan berharap mampu menerapkan hal tersebut secara maksimal di Kota Bitung.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung mengisahkan cerita sehingga terlaksananya kegiatan ini yang diawali dari kunjungan Walikota Bitung ke Kota Malang tahun 2017 dalam rangkaian kegiatan kesenian.

“Suatu hari saya tidak ikut kegiatan Walikota, saya membaca dan mencari link lalu saya tertarik dengan 3G, yaitu Gerakan Go Green yang ada di Kota Malang, yang kemudian berantusias untuk mempelajari hal tersebut, dan langsung menghubungi Ir Bambang Iryanto dari Kampung Glintung Go Green yang saat ini hadir membawakan materi kepada kita semua,” pungkas sosok pemerhati lingkungan ini.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment