Bitung Kota Pertama Audisi LMIN 2018

Reporter : | 06 Agu, 2018 - 8:03 am WITA

Audisi LMIN 2018, LMIN 2018, Lomba Masak Ikan Nusantara BITUNG, (manadotoday.co.id) – Kota Bitung, merupakan kota pertama audisi Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) 2018 dalam rangkaian Perayaan 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Audisi LMIN yang dilaksanakan bersama Primarasa.co.id, portal resep Femina Group, dengan dukungan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Roadshow audisi LMIN 2018 akan berlangsung di Bitung (4 Agustus), Ambon (6 Agustus), Mataram (6 Agustus), dan Pontianak (9 Agustus). Tiga terbaik dari masingmasing kategori di lima kota roadshow langsung terpilih sebagai Semi Finalis. Namun, hanya 10 Finalis LMIN 2018 yang akan diberangkatkan ke Jakarta untuk kembali mengikuti penjurian tingkat nasional.

Bitung sebagai daerah penghasil tuna dan cakalang terbesar di Indonesia hingga mendapat julukan Kota Cakalang, membuat Pemkot Bitung sangat tertantang untuk mengembangkan kuliner khas daerah berbahan utama ikan dengan masakan Woku. Menggandeng Tim Penggerak PKK, Pemkot Bitung terus mensosialisasikan gerakan memasyaratkan makan ikan, demi mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya laut sebagai asupan nutrisi.

“Pelaksanaan kegiatan LMIN 2018 di Bitung menjadi bagian dalam Festival Tuna Kota Bitung, juga bertepatan dengan launching Festival Pesona Selat Lembeh (FSPL) 2018, yang juga diadakan untuk menyambut HUT RI ke-73. Bakar ikan terpanjang menjadi salah satu kegiatan FSPL yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata di Kota Bitung. Pada event FSPL 2017 tahun lalu, TP PKK Kota Bitung memperkenalkan Rol Tuna Woku sebagai masakan inovasi dari Woku untuk dijadikan makanan khas daerah. Hal ini terus disosialisasikan dan dilombakan pada setiap kegiatan agar masyarakat Bitung cakap dalam memasaknya. Kami berharap Rol Tuna Woku dapat dikenal
hingga ke luar daerah Sulawesi Utara,” ujar Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, Jumat (3/8/2018).

Lanjutnya, untuk audisi LMIN 2018 di Lapangan Kantor Walikota Bitung, panitia menyiapkan resep dan bahan Woku yang harus dibuat oleh 30 peserta dalam waktu 1 jam.

Tujuan dari audisi masak di tempat adalah untuk menguji langsung cita rasa resep dan melihat kecakapan peserta dalam memasak. Selain itu, peserta audisi juga diminta membawa masakan jadi yang didaftarkan untuk mengikuti lomba.

“Pemenang dari kompetisi masak ini akan mendapatkan kesempatan workshop di Dapur Uji Femina Media dan memasak resep andalannya untuk Presiden RI Joko Widodo menjelang Perayaan 17 Agustus 2018 di Istana Negara, Jakarta,” jelas Lomban.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.