Mewoh: Realisasi Penyerapan Anggaran Harus Sesuai Sistem EPPA

Reporter : | 13 Jul, 2018 - 10:22 am WITA

Dari Rapat Pimpinan EPPA

Penyerapan Anggaran minahasa, EPPA Pemkab MinahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa menggelar rapat pimpinan evaluasi pengawasan dan penyerapan anggaran (EPPA) tahun 2018 triwulan kedua. Rapat tersebut digelar di ruang sidang kantor Bupati Minahasa pada Kamis (12/7/2018), serta dibuka dan pimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Wilford Siagian mewakili Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA.

Siagian saat membacakan sambutan Bupati, mengatakan implementasi otonomi daerah, khususnya mengenai pengelolaan keuangan daerah telah memberikan banyak pengalaman berharga. Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat sorotan publik, demikian halnya juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi sampai akhir tahun.

“Melalui kegiatan ini saya ingin mengingatkan kembali pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar besarnya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat,” tukas Siagian.

Rapim EPPA memiliki peran strategis dalam pencapaian masing -masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik. Berdasarkan data pada tim EPPA masih banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tidak melaporkan realisasi penyerapan anggaran keuangan maupun fisik sesuai jadwal yang ditentukan.

“Saya minta perhatian dan kerjasama kepada Pimpinan SKPD agar tertib dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi dan semuanya harus disesuaikan dengan sistim monitoring EPPA pada aplikasi GEDi dengan memperhatikan Instruksi Bupati nomor 02 tahun 2013 tentang pelaksanaan EPPA,” paparnya.

Rapat dihadiri Asisten Tiga Administrasi Umum Hetty Rumagit, Inspektur Minahasa Frits Muntu, para Kepala Dinas dan Badan, para Kepala Bagian, para Camat serta peserta lainnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment