Bayi yang Ditemukan di Lembeh Bakal Diserahkan ke Dinsos Provinsi Sulut

Reporter : | 04 Jun, 2018 - 9:32 am WITA

Bayi  Lembeh , Dinsos Provinsi Sulut,  Khouni Lomban Rawung BITUNG, (manadotoday.co.id) – Rencananya, bayi perempuan yang ditemukan di Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung pada beberapa waktu lalu, bakal diserahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, ke Dinas Sosial Provinsi Sulut, Senin 4 Juni 2018.

Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung, yang turun tangan langsung, dengan penuh cinta kasih terus memantau perkembangan bayi sejak awal ditemukan, hingga pada akhir pekan lalu turut serta mengantar bayi yang diberi nama Xena ke RSUD Manembo-Nembo untuk perawatan lebih lanjut sebelum diserahkan ke Dinas Sosial Provinsi Sulut.

“Sampai kondisinya stabil pihak RSUD Manembo-Nembo akan menyerahkan bayi tersebut dalam upaya perlindungan dan mendapatkan kepastian hukum dan hak anak bagi si bayi yang tidak diketahui asal-usulnya,” ujar Rawung, Sabtu (2/6/2018).

Menurutnya, selang satu bulan berjalan ini Pemerintah Kota Bitung lewat Dinas Sosial, bersama dengan Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan kesehatan dan memberikan bantuan untuk kebutuhan bayi ini. Lanjut Bunda PAUD Kota Bitung ini mengatakan, ia sangat sedih dengan kejadian seperti penelantaran anak tersebut.

“Kita sebagai Warga Negara Indonesia yang patuh hukum, karena ini anak negara yang tidak diketahui asal-usulnya, maka kami harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga kami semua bersepakat untuk menjalani prosedur tersebut sesuai ketentuan perundangan. Kami harus memastikan kelanjutan perawatan pemeliharaan bayi ini, dari segi pemenuhan fisik, makanan dan psikis serta penjagaan yang aman. Kemudian walau dengan berat hati, kami harus menyerahkan bayi ini kepada Dinas Sosial Provinsi Sulut,” katanya.

Lebih lanjut, Rawung meminta harapan dan doa, termasuk bidan dan pihak TNI AD yang sudah memelihara dan mengasuh selama ini, agar bayi tersebut akan mendapatkan orang tua yang tepat dan memenuhi syarat sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.