Dipimpin Gubernur Sulut, Mewoh Hadiri Upacara Hari Lahirnya Pancasila di Kawangkoan

Reporter : | 02 Jun, 2018 - 4:49 pm WITA

Hari Lahirnya Pancasila ,Kawangkoan,Olly Dondokambey , Royke Mewoh,KAWANGKOAN, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulut menggelar apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ke-73 tahun 2018 di Stadion Kawangkoan pada Jumat (1//2018), dipimpin oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD).

Gubernur saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo mengatakan, selama 73 tahun, Pancasila telah membuktikan bahwa mampu bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Dan selama itu pula Pancasila sudah menjadi rumah bagi bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” tegas Gubernur.

Lanjutnya, Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi berkah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

“Pada 1 Juni 1945, Pancasila telah diuraikan secara jelas oleh Bung Karno kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” tuturnya.

Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah negara terus berdiri kokoh bahkan yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Karenanya Pancasila menjadi cita-cita yang kuat dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara yang kuat dan berwibawa.

“Sudah tugas dan tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat di negeri ini untuk memastikan bahwa Pancasila akan selalu hadir di setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Dan di peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Pancasila akan selalu menjadi dasar negara kita dan menjadi landasan dalam berpikir dan berbuat untuk memajukan negeri Indonesia yang kita cintai bersama, ” pungkas Gubernur.

Hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Minahasa Royke Mewoh, Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw, Forkopimda, Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua TP-PKK Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntua­n, Wakil Ketua TP-PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Forkopimda Minahasa dan jajaran Pemkab Minahasa. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.