Pemkot Tomohon Gelar Apel Hari Lahirnya Pancasila

Reporter : | 01 Jun, 2018 - 12:02 pm WITA

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh menjadi Irup

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh menjadi Irup

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Bertempat di Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran, Jumat (1/6/2018) Pemerintah Kota Tomohon menggelar Apel Hari Lahirnya Pancasila.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh mewakili Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak. Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan Lolowang mengatakan, Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.

Apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Kota Tomohon

Apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Kota Tomohon

‘’Para pendiri bangsa Indonesia dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,’’ kata presiden dibacakan Lolowang.

Peringatan hari lahir Pancasila lanjut Lolowang, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

‘’Marilah kita terus mengamalkan warisan para founding fathers untuk kemajuan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,’’ kunci Lolowang membacakan sambutan presiden. Apel dihadiri para pejabat serta ASN di lingkup Pemkot Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment