Distanak Minahasa dan Sulut Berkomitmen Bangun PATB dan LTT di Minahasa

Reporter : | 11 Mei, 2018 - 2:19 pm WITA

TONDANO. (manadotoday.co.id) – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa bersama petani dan penyuluh, komitmen melakukan Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) dan Luas Tambah Tanam (LTT) Komoditi Pertanian yang ada di Kabupaten Minahasa, agar bisa menambah kapasitas produksi dan produktivitas komoditi pertanian dalam hal ini padi sawah, padi ladang, jagung, kedele, bawang merah, cabe, serta ketersediaan pakan ternak lewat tanaman jagung, pada Jumat, (4/5/2018).

Selain itu dilakukan pencanangan Gerakan Tanam Panen dengan pemanfaatan Alsintan lewat Brigade Alsintan Dinas Pertanian Peternakan Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa di Desa Kumu, Teling, Pinasungkulan daerah sekitar tanjung Kecamatan Tombariri.

Lahan yang berhasil dibuka 100 ha untuk ditanami Padi Ladang atau dikenal dengan padi Go Go.

“Dengan pencanangan ini diharapkan petani disekitarnnya bisa mulai menanam sehingga bisa berkontribusi dalam penambahan produksi terutama kesediaan beras untuk masyarakat di Minahasa,” tutur Kepala Distanak Provinsi Sulut Ir. Novly Wowiling, M.Si.

Sementara itu Kadis Pertanian Kabupaten Minahasa Ir. F. Suhban Torar mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan berkelanjutan di kecamatan yang ada di Minahasa.

Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan Hand Traktor, alat tanam Jagung, Benih Jagung Bisi 222 dan benih Padi Ladang kepada perwakilan Kelompok Tani Penerima dari Jagung 97 KT, Padi Ladang 87 KT dan Kedele 11 KT dengan Total Luasan 600 ha untuk daerah tanjung Teling Poopoh Kumu Pinasungkulan dari total potensi laham tanam kecamatan Tombariri yang 2680 ha.

Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Joubert Nixon Purnama yang juga hadir mengatakan tentara juga ikut bersinergi dalam program kedaulatan pangan dan siap memberi bantuan dalam bentuk brigade Alsintan Kodim untuk mengolah tanah petani.

Turut hadir juga Camat Tombariri Drs. Jhon Kapoh, M.Si. Danramil Tombariri Kapten Inf. Jules Warouw dan Kapolsek Tombariri Iptu Andri Untu dan acara ini dibuka serta didoakan oleh Pdt. Lili Nua Patras M.Th. Ketua Jemaat Tiberias Kumu. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.