Twitter Tiba-tiba Minta Pengguna Rubah Kata Sandi, Ini Alasannya

Reporter : | 07 Mei, 2018 - 12:33 pm WITA

Twitter , bug Twitter , bug hashing Twitter

(foto: iStock)

MANADOTODAY.CO.ID – Ratusan juta pengguna media sosial Twitter, disarankan untuk mengubah kata sandi setelah muncul bug yang menampilkan kata sandi dalam bentuk teks yang mudah dibaca di jaringan internal.

Kata sandi biasanya dimasukkan melalui proses yang disebut ‘hashing’, membuat sandi sulit dibaca. Namun, bug menyebabkan sandi disimpan di log komputer internal sebelum proses tersebut selesai, sehingga berpotensi mengekspos sandi.

“Ketika anda mengatur kata sandi untuk akun Twitter anda, kami menggunakan teknologi yang menyamarkannya sehingga tidak seorang pun di perusahaan dapat melihatnya. Kami baru-baru ini mengidentifikasi bug yang menyimpan kata sandi yang bisa dilihat di log internal. Kami telah memperbaiki bug, dan penyelidikan kami tidak menunjukkan indikasi pelanggaran atau penyalahgunaan oleh siapa pun.”ungkap Twitter dalam postingan blog tentang bug, sembari menambahkan penggunanya untuk tidak panik.

“Untuk berjaga-jaga, kami meminta anda untuk mempertimbangkan mengubah kata sandi di semua layanan tempat anda menggunakan kata sandi ini.” saran perusahaan.

BBC melaporkan sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Twitter menemukan bug itu “beberapa minggu yang lalu dan telah melaporkannya ke beberapa regulator”.

Ini beberapa langkah aman yang Twitter rekomendasikan untuk menjaga akun tetap aman:

1. Ubah kata sandi Twitter dan layanan lain di mana anda mungkin menggunakan kata sandi yang sama.

2. Gunakan kata sandi yang kuat yang tidak pernah anda gunakan di situs web lain.

3. Aktifkan verifikasi login, atau otentikasi dua langkah. Ini adalah tindakan terbaik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keamanan akun anda.

4. Gunakan pengelola kata sandi untuk memastikan anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik.

sumber: Indy100

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.