Bagian Humas Setdakab Minahasa Gelar Sosialisasi Jurnalis Tangkal Berita Hoax

Reporter : | 06 Apr, 2018 - 7:31 pm WITA

 Jurnalis Tangkal Berita Hoax, Humas Setdakab Minahasa, Daine Lantang SE, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa, Jumat (5/4/2018) hari ini, menggelar sosialisasi kehumasan yang bertajuk Jurnalis Hebat Tangkal Hoax di ruang rapat kantor Bupati Minahasa.

Kasubag Humas dan Protokol Daine Lantang SE, dalam laporannya mengatakan bahwa peran media massa dalam memberikan informasi kepada publik saat ini sering diperhadapkan dengan informasi yang tidak benar seperti berita bohong atau dikenal saat ini dengan sebutan Hoax.

Sementara itu, sambutan Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, yang dibacakan oleh Asisten III Kabupaten Minahasa Hetty Rumagit, sekaligus membuka kegiatan menuturkan dirinya mengapresiasi bagian kehumasan yang telah menggelar kegiatan sosialisasi tentang Jurnalis Tangkal Hoax.

“Saat ini yang lagi menjadi Perhatian Presiden RI Ir. Joko Widodo adalah berita hoax, dan melalui Menkominfo terdata 132 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, 92% diantaranya menyebarkan hoax,” tukas Rumagit di hadapan peserta yang terdiri dari wartawan pos Minahasa serta ASN utusan SKPD.

Lanjut Rumagit, berdasarkan UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pastikan informasi yang dibagikan berdasarkan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Kiranya kita sebagai orang yang aktiv dalam medsos atau netizen agar dapat menyebarkan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan informasinya,” terang Rumagit, sembari mengatakan jelang Pilkada di Minahasa, kemungkinan akan bermunculan akun palsu yang menyebarkan hoax.

Tampil sebagai salah satu nara sumber Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment