Astaga.. Diduga Ada Calon PPS di Minsel Tak Ikut Seleksi Wawancara Tapi Lolos 6 Besar

Reporter : | 08 Mar, 2018 - 4:42 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Proses rekrutmen calon Petugas Pemilihan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dipertanyakan sejumlah kalangan masyarakat. Pasalnya, ada sejumlah calon PPS yang dinyatakan lolos seleksi, disinyalir bukan ditentukan oleh hasil seleksi wawancara atau kompetensi, namun diduga karena ada intervensi atau koneksi pihak tertentu.

Bahkan, dari informasi yang berhasil diperoleh menyebutkan ada sejumlah calon PPS salah satu Desa di Kecamatan Kumelembuai, diduga tidak mengikuti seleksi wawancara di BPU Desa Motoling pada, Kamis (22/2/2018) lalu, namun oleh KPU Minsel beberapa anggota PPS tersebut dinyatakan lolos 6 besar.

“Ya, ada dua calon anggota PPS di salah satu Desa di Kecamatan Kumelembuai diduga tidak ikut seleksi wawancara tapi keluar sebagai peringkat 4 dan 5. Anehnya ada yang justru ikut tidak masuk enam besar,” terang sejumlah calon PPS asal Kecamatan Kumelembuai, yang sempat mengikuti seleksi wawancara di BPU Motoling beberapa waktu lalu, sembari meminta nama mereka tidak dipublish.

Bahkan menurut para calon PPS ini, kedua orang tersebut pada saat tes wawancara dilaksanakan KPU di BPU Motoling sedang berada di Manado.

“Para calon PPS itupun heran bisa keluar sebagai peringkat 4 dan 5. Jika kondisinya begini berarti seleksi tes wawancara hanya formalitas saja, ” terang mereka.

Meski tidak mempengaruhi calon PPS yang nantinya akan dilantik sebab yang akan bertugas hanya peringkat 1 hingga 3, namun dikawatirkan nantinya akan muncul masalah, ketika ada salah satu anggota PPS yang berhalangan atau bermasalah saat bertugas.

“Di mana otomatis peringkat 4 dan 5 merupakan calon yang akan menjadi pengganti bagi calon yang bermasalah, berhalangan karena sakit atau hamil. Tapi, bagaimana bisa menjadi calon pengganti jika tidak ikut seleksi wawancara, sementara ada yang ikut seleksi tapi tidak masuk peringkat 6 besar,”ketus mereka.

Sementara itu Ketua KPU Minsel Fanley Pangemanan S Sos MSi, ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan melakukan koreksi dan penyesuaian peringkat calon PPS.

“Baik, nanti kita cek lagi peringkat akan disesuaikan dan dikoreksi,” jawab Pangemanan via Whats App. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.