Sekda JRK Buka Bimtek Penyusunan LAKIP

 Penyusunan LAKIP, Aplikasi SAKIPTONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si (JRK), membuka Kegiatan Penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa (Bimbingan Teknis SAKIP), Kamis (8/1/2018), di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit. SH, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Minahasa Basaria T. D. L. Gaol, SE, MMSI, MCom (IS), Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung Medi Mahendra, AP, S.Sos, M.Si, Kepala Sub Bagian Organisasi Kota Bandung Rahadian, SE, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, serta peserta kegiatan.

Saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, Korengkeng menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud tekad dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan di tanah Minahasa tercinta ini. Juga dalam rangka menyegarkan komitmen, memperkuat motivasi kerja serta membangun kebersamaan Tim Kerja Pemerintah Daerah daerah mensinergikan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selaras dengan tuntutan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih.

Pelaporan Kinerja dan Tata cara atas laporan kinerja instansi pemerintah, dituntut pengembangan dan penerapan sistem pertanggung jawaban yang jelas teratur dan efektif yang dikenal dengan “Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP), Penerapan tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berdayaguna, berhasil guna dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN.

“Jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa diharapkan akan semakin berfokus kepada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil ,” ujar JRK.

Dia menjelaskan Aplikasi SAKIP merupakan Re-Aplikasi dari program (SAKIP) yang telah diterapkan pemerintah kota Bandung, di mana Kota Bandung berhasil meraih predikat “A”, hanya dalam kurun waktu 1 tahun, oleh karena itu diharapkan dengan adanya narasumber dari pemerintah Kota Bandung dapat membantu Kabupaten Minahasa bisa mendapatkan predikat yang baik untuk penilaian LAKIP tahun mendatang.

“Melalui Bimtek ini dapat mendorong instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintah dan pembangunan secara baik dan benar yang berdasarkan pada peraturan pdnoerundang-undangan yang berlaku, kebijaksanaan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Serta menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungamnya agar tercipta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” jelasnya, sembari menambahkan dengan mengikuti Bimtek ini, peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan kinerja pemerintah yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja instantasi pemerintah.

Selanjutnya, Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung, memberikan penjelasan singkat tentang Aplikasi SAKIP.

Diketahui, Kabupaten Minahasa adalah Kabupaten pertama di Sulawesi Utara yang akan menggunakan program aplikasi ini. Aplikasi ini digunakan karena sering RPJM dan Rencana strategi sering tidak searah. Dalam aplikasi ini akan tercatat semua indikator dan akan terlihat grafiknya. SAKIP bisa jadi juara, tergantung dari komitmen kepala daerah. (rom)