Meriah Lomba Dayung Perahu Tradisional Manguni di DAS Tondano

DAS Tondano, Perahu Tradisional Manguni TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bukti bahwa daerah aliran sungai (DAS) Tondano kini bebas eceng gondok terlihat saat dilaksanakannya lomba dayung perahu tradisional manguni yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa, di lokasi DAS belakang taman kota God Bless Minahasa pada Kamis (2/10/2017).

Para peserta yang seluruhnya berprofesi sebagai nelayan ini terlihat antusias mengikuti lomba. Mereka berpacu untuk merebut juara, dimana baik juara 1,2 dan 3 mendapat hadiah uang tunai dari pihak panitia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Siby Sengke mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya lomba ini yakni untuk melestarikan penggunaan perahu tradisional dikalangan masyarakat pesisir DAS.

” Selain mau menunjukkkan bahwa di sungai Tondano sudah tidak ada eceng gondok, juga lomba ini dimaksudkan untuk melestarikan perahu perahu tradisonal,” ujar Sengke.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) juga ikut menyaksikan lomba, didampingi Sekdakab Minahasa Jeffri Korengkeng serta Asisten I Denny Mangala.

JWS turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba.

“Selamat buat para pemenang, kiranya hadiah ini bisa bermanfaat,” tutur Bupati. (Rom)