Hari Pertama, Pendaftar PPK di Minahasa Membludak

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Kamis (12/10/2017) membludak, mencapai 85 calon peserta. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon melalui Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung,S,Fils.

Menurut Ngantung, untuk hari pertama pemasukkan berkas pendaftaran, panitia penerimaan calon anggota PPK sedikit kelabakan, dikarenakan para pendaftar terus datang hingga sore hari.

“Di hari pertama pendaftaran sebanyak 85 calon peserta yang bisa kami terima,”ungkap Ngantung.

Lebih lanjut Ngantung mengatakan, rekruitmen anggota PPK ini sangat krusial. KPU akan memilih 125 anggota PPK untuk ditempatkan di 25 kecamatan. Atau dengan kata lain, untuk masing-masing kecamatan akan ada lima anggota PPK.

“Kami berharap mereka yang terpilih nanti merupakan yang terbaik, sehingga akan mampu membantu tugas KPU sebagai penyelenggara Pilkada. Khususnya dalam membantu untuk merekrut PPS, PPK nantinya yang akan menjemput berkas untuk dibawah ke KPU. Sedangkan untuk kuota penerimaan calon anggota PPS mencapai 810 peserta. Pasalnya, 270 desa dan kelurahan terdiri dari 3 anggota,” tuturnya.

Lanjut Ngantung anggota PPK, PPS dan KPPS yang sudah dua kali menjabat sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2015 tidak bisa lagi mendaftar.

” Yang dimaksud dua kali menjabat adalah dua periode menjabat yaitu periode pertama tahun 2005-2009 dan periode kedua tahun 2009-2014, dan seterusnya ,” tuturnya.(Rom)