SMA Negeri 1 Kawangkoan Pilot Project Bela Negara Tingkat Nasional

Reporter : | 09 Okt, 2017 - 3:36 pm WITA

Kesbangpol sulut, Steven Liow S.Sos, SMA N 1 Kawangkoan,Pengurus Bela Negara , program bela negaraKAWANGKOAN, (manadotoday.co.id) – Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) provinsi Sulut Steven Liow S.Sos, melantik Pengurus Bela Negara SMA N 1 Kawangkoan, Senin (9/10/2017).

Dalam sambutannya, Liow mengatakan atas arahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw seluruh sekolah SMA/SMK di Sulut menggalakkan program unggulan Bela Negara yang kini menjadi contoh di Indonesia.

“Progran ini mendapat apresiasi dari Mentri Pertahanan RI. Karena itu Sulut akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Bela Negara tingkat nasional yang akan digelar di kabupaten Minahasa,”ucap Liow.

Lanjut Liow, sesuai hasil pemantauan pihaknya, SMA Negeri 1 Kawangkoan dinilai berhasil menjalankan program ini seperti upacara bendera tiap Senin, dan pada hari Selasa semua siawa dan guru wajib menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah.

“SMA N 1 Kawangkoan akan menjadi contoh atau pilot project Bela Negara tingkat Nasional. Karena itu Kepala Sekolah dan pengurus akan diikut sertakan dalam program Diklat Bela Negara,” tutur Liow.

Berdasarkan hasik Survei, dewasa ini aksi bela negara kian menurun. Pengetahuan dan pemahaman Pancasila dan UUD 1945 terus merosot di tingkat masyarakat bahkan siswa, seiring dengan masuknya paham ISIS yang berpotensi merusakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Kepala Sekolah Drs Anton Rosang, saat dimintai tanggapan mengatakan pihaknya siap menjadi pilot project program ini.

“Kriterianya sangat berat, namun kami akan berupaya semaksimal mungkin agar sekolah kami layak menjadi pilot project tingkat nasional,” tukas Rosang.

Program Bela Negara sangat penting apalagi bagi siswa-siswa tingkat SMA, sebab program ini akan membentuk karakter dan jati diri dalam menangkis munculnya paham-paham radikalisme yang kian kencang masuk ke bangsa ini. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment