Dibuka Menkeu Sri Mulyani, JWS Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah

Reporter : | 15 Sep, 2017 - 3:51 pm WITA

Rakernas Akuntansi,  Keuangan Pemerintah,  Menkeu Sri Mulyani, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi, (JWS), menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Kamis (14/9/2017).

Bupati JWS yang didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Minahasa DR. Denny Mangala dan Kadis Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Dra. Ria Suwarno, mengikuti kegiatan ini dalam rangka mengetahui lebih jauh pengelolaan dan penggunaan keuangan daerah dan manajemen efisiensi dan efektifitas pengelolaan keuangan daerah sebagai wujud mendukung kebijakan nasional yang maju.

Bupati menjelaskan, Pemkab Minahasa saat ini terus meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, sehingga setiap anggaran dapat dikelola secara efektif, efisien, transparan, serta tepat sasaran.

“Dalam pengelolaan keuangan, Pemkab Minahasa juga selalu melaksanakan program–program yang dapat memberi manfaat kepada seluruh masyarakat,” ujar JWS.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, dalam materinya menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh ekonomi dunia dan ekonomi dunia dipengaruhi oleh beberapa isu strategis, antara lain menyangkut geopolitik serta transisi kepemimpinan di Ameriksa Serikat, membuat ekonomi dunia tidak menentu. Karena itu, Indonesia harus mampu menciptakan ketahanan ekonomi yang dapat menjaga kestabilan ekonomi Indonesia.

“Karena itu ada beberapa kebijakan pusat yang mengalami penyesuaian antara lain alokasi DAU yang dinamis sesuai pendapatan negara serta prioritas pemberantasan kemiskinan,”jelasnya.

Untuk itu, Mulyani berharap Pemda juga diharuskan bersinergi dalam pengentasan kemiskinan.

Disisi lain, Menkeu juga mengingatkan agar WTP jangan dijadikan terminal akhir, terapi menjadi motivasi untuk makin meningkatkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap Pemda dapat bekerjasama dan bersinergi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta mampu menumbuhkan cultur pengelolaan keuangan dan pelaporan yang baik dan mengikuti standar-standar yang berlaku, “pungkasnya.

Diketahui Bupati JWS hadir bersama para pimpinan kementerian/lembaga, gubernur, walikota/bupati seluruh Indonesia khususnya yang meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan negara secara berturut-turut sejak Tahun 2012 sampai Tahun 2016. Untuk Pemkab Minahasa sampai dengan Tahun 2016 telah meraih predikat WTP tiga kali secara berturut-turut. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment