Wakil Bupati Minahasa Resmi Buka Festival Bukit Kasih

Waki Bupati Minahasa Resmi Buka Festival Bukit KasihKAWANGKOAN, (manadotoday.co.id) – Pelaksanaan Festival Bukit Kasih yang digelar dalam rangka menunjang Pesona Minahasa 2017 di Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang, Kawangkoan Barat, tanggal 27-28 Juli 2017, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang.

Diawali dengan laporan Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Agustifo Tumundo SE M.Si mengatakan Festival Bukit Kasih ini akan memperlombakan 4 (jenis) seni dan budaya daerah Minahasa, meliputi Lomba Tarian Maengket, Lomba Tarian Katrili, Lomba Musik Bambu dan Lomba Musik Kolintang.

Menurut Plt Kadis Agustivo Tumundo didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE MSi, Lomba Tarian Maengket akan diikuti oleh utusan seluruh Kecamatan di Kabupaten Minahasa, dimana tiap peserta wajib membawa 2 (dua) babak. Sementara untuk Lomba Tarian Katrili akan diikuti oleh utusan siswa SMP, SMA dan SMK di Kabupten Minahasa dengan membawakan lagu Wals dan Mars. Sedangkan untuk Lomba Musik Bambu akan diikuti oleh Kelompok Musik Bambu umum yang berada di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib “O Ina Ni Keke” dan lagu pilihan bebas daerah atau nasional. Dan untuk Lomba Musik Kolintang akan diikuti oleh Kelompok Musik Kolintang umum di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib bebas daerah dan lagu pilihan bebas.

Sementara untuk hadiah yang disiapkan, menurut Kepala Bidang Pariwisata Ir Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung SE meliputi Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Trophy Ketua DWP Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSI, dengan Uang Tunai total nilai sejumlah Rp50 Juta.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Sulut Daniel Mewengkang SE M.Si, mengajak semua pihak untuk melestarikan budaya Minahasa sebagai identitas yang menandakan bahwa kita tak terpecah-pecah.

“Kembangkan budaya untuk pariwisata. Budaya merupakan kekayaan yang mampu memperkenalkan Minahasa dan Sulut bahkan Indonesia kepada dunia internasional,”terang Kadis.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan Minahasa mampu mempromosikan potensi wisata dan budaya dalam rangkah menunjang kebangkitan pariwisata Sulut sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

“Sektor pariwisata diyakini akan mampu mendongkrak industri lainnya dalam rangkah peningkatan kesejateraan masyarakat. Apalagi kegiatan ini terkait dengan program Pesona Minahasa yang telah bergulir sejak Januari hingga Desember 2017,” ucap Ivansa, yang dilanjutkan dengan pembukaan ditandai dengan pemukulan kolontang. (Rom)