Desa Tempang Tiga dan Kelurahan Paleloan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Kabupaten Minahasa 2017

Jefry S Sajow SH
Jefry S Sajow SH

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Setelah dilakukan penilaian pada bulan April – Mei 2017, Desa Tempang Tiga, Kecamatan Langowan Barat dan Kelurahan Peleloan Kecamatan, Tondano Selatan, akhirnya keluar sebagai juara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Minahasa tahun 2017 sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Minahasa Nomor 369 Tahun 2017, tentang lomba Desa dan Kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Minahasa Tahun 2017.

“Desa dan Kelurahan ini selain akan menjadi percontohan bagi desa/kelurahan yang ada, juga akan diikut sertakan dalam penilaian tingkat Provinsi Sulawesi Utara, yang rencananya akan dilaksanakan pada Minggu ke 2 bulan Juni 2017,” ujar kepala dinas pemberdayaan pemerintafn desa (PMD) kabupaten Minahasa Jefry S Sajow SH, Selasa (7/06/2017).

Penilaian dilakukan sesuai indikator yang ada, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, juga memperhatikan kesiapan desa/kelurahan terkait peran aktif Pemerintah, BPD dan lembaga kemasyarakatan dalam hal pelaksanaan berbagai program kegiatan yang disertai dengan dukungan penataan administrasi, serta tentu saja memperhatikan peran aktif masyarakat dalam mendukung seluruh rangkaian kegiatan penilaian di desa/kelurahan masing-masing.

Tahun 2016 lalu, Desa Kanonang Dua, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa,  mengukir sejarah sebagai juara di Tingkat Provinsi Sulawesi utara, bahkan yang lebih membanggakan Desa Kanonang Dua berhasil menjadi Desa terbaik untuk tingkat Regional III Wilayah Sulawesi dan Kalimantan dan telah memperoleh penghargaan dari Presiden RI.

“Mempertahankan prestasi memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun dengan berbagai persiapan yang telah diupayakan seoptimal mungkin, termasuk mengangkat berbagai keunggulan serta inovasi dalam bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan yang ada, maka dengan memohon penyertaan dan kekuatan dari Tuhan, Kabupaten Minahasa melalui Desa Tempang Tiga dan Kelurahan Peleloan, optimis dan siap untuk berkompetisi dengan desa/kelurahan terbaik se provinsi Sulawesi Utara tahun 2017,” tutur Sajow. (Rom)