ITTO Yokohama Jepang Tertarik Kembangkan Pohon Cempaka Minahasa

Reporter : | 15 Mar, 2017 - 2:23 pm WITA

Jeffry R Korengkeng SH M.Si

Jeffry R Korengkeng SH M.Si

TONDANO. (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si, Rabu (15/03/2107), di ruang kerjanya, menerima rombongan International Tropical Timber Organization (ITTO) Yokohama Jepang yang di pimpin Hwan Ok Ma selaku projects manager.

Organisasi yang didirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan bergerak di bidang kayu ini, menyatakan ketertarikan dan keinginannya untuk mengembangkan kayu Cempaka di Minahasa.

“Bapak Bupati menyambut baik program ini dan saat ini sedang dalam pengembangan di lahan seluas 10 hektar di Desa Koha kecamatan Tombulu,” ujar Sekda.

Dikatakan Korengkeng Program yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan hidup dan kehutanan bersama Pemerintah Minahasa ini diharapkan bisa memberikan dampak yang positif bagi warga Minahasa dalam rangka pengembangan budidaya Pohon Cempaka.

“Ini merupakan peluang yang sangat baik, karenanya harus secepatnya di respon sebab program ini memiliki nilai yang sangat tinggi ,” ujarnya.

Dipilihnya Minahasa menurut Hwan Ok Ma dikarenakan daerah ini indemik pohon cempaka yang mudah dikembangkan dan memiliki kualitas yang cukup baik. “Minahasa memiliki struktur tanah yang pas dan cocok untuk pengembangan pohon cempaka ,” urainya.

Sementara itu, Dr Hiras Sidarbutar selaku konsultan international ITTO yang turut mendampingi rombongan mengatakan sasaran dari program ini adalah untuk pengembangan pohon cempaka agar terus dilestarikan dan bisa menambah nilai tambah bagi warga.

“Kabupaten Minahasa merupakan daerah penghasil pohon cempaka yang memiliki kualitas baik dan kuat. Kedepan diharapkan budidaya ini akan mampu menunjang peningkatan kesejahteraan warga,” tukasnya, sambil menambahkan bahwa program ini dibiayai sepenuhnya oleh ITTO. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment