Wagey Buka Forum Perangkat Daerah Rancangan Renja PD Tahun 2017

Reporter : | 09 Mar, 2017 - 5:27 pm WITA

TONDANO. (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa yang diwakili kepala Bapelitbangda Drs Donal Wagey membuka forum perangkat daerah rancangan rencana kerja perangkat daerah (Renja PD) tahun 2017.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan Forum perangkat daerah (PD) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian pelaksanaan UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang menyebutkan, Pemda wajib menyusun perencanaan tahunan yaitu rencana kerja pembangunan daerah/RKPD dan perangkat daerah menyusun rencana kerja/ Renja perangkat daerah.

Menurutnya, Kedua dokumen tersebut saling berkaitan dan Renja PD wajib dibahas dalam forum perangkat daerah kabupaten hal ini dimaksudkan untuk memadukan hasil musrenbang RKPD di kecamatan dengan rancangan renja perangkat daerah yang hasilnya nanti menjadi bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD untuk tahun 2018.

“Jadi forum perangkat daerah merupakan wadah penampungan aspirasi dan penyaringan aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan rencana kerja perangkat daerah hal ini nenunjukkan bahwa dalam pendekatan perencanaan kita menggunakan sistim perencanaan dari bawah keatas /bottom up planning,” urai Wagey.

Diuraikan JWS melalui Wagey, tujuan forum PD adalah yakni menyelaraskan program dan kegiatan PD kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten sesuai tugas pokok dan fungsi, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah kabupaten dengan perangkat daerah lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Bukan itu saja, tujuan lainnya adalah menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan Pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah kabupaten selanjutnya hasil kesepakatan pembahasan forum PD akan ditindaklanjuti.

Forum ini dalam melakukan penyempurnaan rancangan Renja PD nantinya akan dibahas dalam tahapan perencanaan berikutnya yaitu Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa 2017 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut ujarnya, diharapkan perhatian dari seluruh perangkat daerah dalam setiap rangkaian proses perencanaan yang ada agar dihasilkan produk perencanaan yaitu RKPD dan Renja Perangkat Daerah yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat di kabupaten Minahasa.

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur DPRD Minahasa Ketua Komisi 1 Oklen Waleleng SH MH dan Ketua Komisi 3 Rommy Posma Leke SE MSi yang masing-masing turut memberikan materi pokok-pokok arahan DPRD Minahasa yang didapat melalui masa reses, dengar pendapat dan rapat alat kelengkapan DPRD.

Kadis Kesehatan, kabag Pembangunan, Sekretaris Bapelitbang,Utusan Perangkat Daerah Dinas/Badan, Para Camat dan Delegasi mewakili peserta Musrenbang Kecamatan.

Kegiatan yang bertemakan Pembangunan Minahasa tahun 2018 ; dan Rancangan Tema pembangunan Kabupaten Minahasa 2018 diantaranya Peningkatan pembangunan manusia Minahasa melalui percepatan penyediaan infrastruktur dasar, pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan, perwujutan kedaulatan pangan, penanggulangan kemiskinan, peningkatan investasi ekonomi dan optimalisasi pengelolaan pembangunan desa Prioritas Pembangunan 2018  yaitu, Pengembangan dan peningkatan aksesbilitas transportasi wilayah dan kawasan pedesaan, penyedian Prasarana dan sarana dasar perumahan dan kawasan pemukiman perkotaan dan perdesaan, peningkatan layanan publik, peningkatan ketahanan dan keamanan pangan, peningkatan investasi ekonomi khususnya pariwisata dan pertanian,  peningkatan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia aparatur dan masyarakat serta peningkatan tatakelola pemerintahan daerah dan desa priorotas pembangunan tersebut dijabarkan dalam program dan kegiatan masing-masing perangkat daerah. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment