Ikan Duyung Terdampar di Bitung

Reporter : | 01 Mar, 2017 - 9:48 am WITA

Ketua TP PKK Ny Khouni Lomban rawung, bersama warga  saat melepas kembali Ikan duyung atau dugong ke lautan lepas, setelah terjerat tali perahu nelayan

Ketua TP PKK Ny Khouni Lomban rawung, bersama warga saat melepas kembali Ikan duyung atau dugong ke lautan lepas, setelah terjerat tali perahu nelayan

BITUNG, (manadotoday.co.id)–Warga Kota Bitung dihebohkan dengan penemuan ikan duyung berukuran besar, yang terdampar di pesisir laut tepatnyadi Kelurahan Motto Kecamatan Lembeh Utara, Selasa (28/2/2017).

Dari informasi yang berhasil dirangkum, ikan duyung itu terjerat dengan tali tambat perahu nelayan setempat.

Mendapat informasi tersebut, Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung langsung bergegas menuju ke lokasi untuk menyelamatkan satwa jenis mamalia itu.

“Demi menyelamatkan ikan duyung terdampar itu, ibu Walikota Bitung yang juga Ketua POSSI Kota Bitung rela menerjang ombak menuju lokasi,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bitung Pingkan Kapoh.

Diceritakan Kapoh, First Lady Kota Bitung itu sempat kesulitan saat bertolak dari Bitung menuju Pulau Lembeh lantaran saat itu gelombang laut cukup tinggi.

“Speed boat yang dinaiki beliau hanya sampai di Pulau Putus dan berbalik arah dan merapat di Kelurahan Nusu, kemudian dijemput dengan kendaraan dan menuju Kelurahan Motto.

Lanjutnya, dengan berbagai daya dan upaya bersama masyarakat setempat, ikan duyung malang tersebut berhasil dilepaskan ke laut.

Sementara itu, Rawung menghimbau apabila terjadi hal seperti ikan langkah yang terdampar, agar supaya langsung dilepas dikembalikan ke habitatnya.

“Hal ini sangat penting guna untuk menjaga kelestarian lingkungan laut di Kota Bitung dan sekitarnya,” pesan Rawung.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment