Rinegetan dan Roong Terendam Air Hingga Lutut Orang Dewasa

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Dua kelurahan di Kecamatan Tondano Barat yakni Rinegetan dan Roong, terendam banjir hingga lutut orang dewasa.

Kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Minahasa Yohanis Pesik S.Sos, mengatakan banjir ini terjadi karena curah hujam yang intens dan berlangsung dan saluran air tak mampu menampung debit air cukup banyak hingga merembet kebadan jalan dan lingkungan pemukiman warga.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya diantaranya mengevakuasi sejumlah warga sempat termasuk salah seorang ibu hamil dan balita,” ujar Pesik.

Sementara itu, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow M.Si meminta kepada warga agar terus berhati-hati dan segera menyelamatkan diri.

Diapun meminta agar dinas terkait terus melakukan pemantauan lapangan dan secepatnya melakukan upaya terutama evakuasi warga.

JWS ingin Dinas PU mendesain ulang saluran air di kedua wilayah tersebut guna menghindari terjadinya banjir susulan.

“Kita harus tetap stand by di lokasi dan kepada warga tetap waspada, sebab nampaknya curqh hujan masih akan terus terjadi,” ujar JWS.

Pantauan manadotoday.co.id, Senin (13/2/2017) di lokasi kejadian, banjir telah surut dan warga kembali beraktivitas seperti biasa termasuk membersihkan rumah dari sisa lumpur dibantu oleh sejumlah instansi terkait. (rom)

Add Comment