MaMa Ajak Masyarakat Bitung Sukseskan Tulude

BITUNG, (manadotoday.co.id)—Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri (MaMa), menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bitung, untuk mensukseskan pagelaran adat Tulude yang akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Bitung Rabu (1/2/2017).

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Bitung untuk mensukseskan gelar adat Tulude ini, sebagai bentuk ucapan syukur, kebersamaan dan toleransi antar suku agama di Kota Bitung,” ujar Lomban dan Mantiri Selasa (31/10/2017).

Lanjut keduanya, upacara adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara yaitu Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro.

“Tradisi ini telah terpatri dalam khasanah adat, tradisi, dan budaya masyarakat Nusa Utara namun acara sakral ini telah lama digelar setiap tahun oleh masyarakat Kota Bitung,” tambahnya.

“Pagelaran adat Tulude 2017 harus dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik mungkin, sehingga hakekat utama Tulude sebagai upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa) atas berkatNya kepada umat manusia selama setahun, dapat dimaknai oleh masyarakat Kota Bitung dengan baik,” pesan Lomban

Diketahui, Tulude 2017 dengan pelaksana teknis Ikatan Kekeluargaan Sangihe Sitaro dan Talaud (IKSSAT) Kota Bitung, akan memberikan gelar adat Bataha Lahansang Malintoi, yang mempunyai arti Pemimpin yang Arif dan Bijaksana kepada Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri.

Pada pagelaran Tulude tahun sebelumnya, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi menerima gelar adat Darame Nusa. (kys)