Gula Merah Noongan II Tembus Pasar Jakarta dan Papua

Reporter : | 15 Des, 2016 - 8:29 pm WITA

LANGOWAN, (manadotday.co.id) – Desa Noongan 2 Kecamatan Langowan Barat terus melakukan berbagai terobosan dalam rangkah memasarkan produk olahan masyarakat berupa Gula merah/batu yang sudah masuk pasar Papua dan Jakarta.

“Awalnya kami mengalami kesulitan dalam memasarkan produk ini, namun berkat kegigihan serta bantuan dari pemerintah baik kabupaten Minahasa dan juga pemprov Sulut, kini kami sudah bisa menjangkau Papua dana Jakarta,” ujar Hukum Tua Desa Noongan II, Vecky Soriton, Kamis (14/12/2016).

Menurut Soriton, dalam sehari produksi Gula Merah/Batu mampu menghasilkan 1 ton produk, dan harga per/batu dijual dengan Rp.15.000, untuk ukuran yang terkecil. Dijelaskannya, kelebihan produk ini adalah dari segi kebersihan sangat terjamin, kemudian cita rasa dan warna produk yang ternyata sangat di sukai pasar.

“Kualitas menjadi perhatian kami, dan hal ini terus kami jaga sebab nantinya produk ini akan bertahan dan mampu bersaing di pasaran, ” urai Soriton.

Ia menambahkan, produk olahan masyarakat ini sangat menjanjikan, kenyataannya kesejahteraan masyarakat bisa naik. Dan Tahun 2017 pihaknya akan mengefektifkan badan usaha milik desa (BUMDes), dimana nantinya produk ini akan di beli oleh BUMDes dan kemudian dipasarkan sebagai bagian dari pengembangan.

“Kami akan terus melakukan berbagai upaya guna pengembangan, sebab produk ini sangat membantu naiknya tingkat perekonomian masyarakat,” terang Soriton. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment