Ibu Rita: Dekranasda Sulut Harus Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Reporter : | 17 Nov, 2016 - 6:25 pm WITA

tmp-cam-1925890247SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ibu. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, mengajak pengurus dan anggota dekranasda Sulut untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulut. Hal itu dikatakannya, pada acara pelantikan pengurus Dekranasda Sulut, di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Kamis (16/11/2016).

Ibu Rita mengatakan, komitmen Dekranasda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulut, ditinjukkan melalui pengembangan produk kerajinan dan pengembangan usaha masyarakat.

Menurut dia, fungsi Dekranasda dalam mengembangkan produk kerajinan dalam daerah seperti tenun bentenan, mebel dari bambu dan hasil kerajinan kelapa.

“Pengurus dan anggota Dekranasda, diharapkan bergotong royong untuk melaksanakan kegiatan kegiatan konstruktif,” kata Ibu Rita.

Sementara itu, Sekjen Dekranas, Euis Saedah, mengatakan potensi kerajinan Sulut sudah dikenal secara nasional, sehingga banyak harapan muncul supaya Sulut berinovasi dalam mengembangkan potensi kerajinan yang bisa menembus pasar dunia.

Disisi lain, Saedah mengapresiasi Dekranasda Sulut yang dinilai sangat cekatan, sehingga bisa menjadi panutan Dekranasda lainya di seluruh indonesia.

Sementara Gubernur Sulut melalui Sekprov, Edwin H Silangen, mengatakan Pemprov Sulut akan mendukung penuh segala kegiatan Dekranasda yang realisasinya sangat sejalan dengan program pemerintah yakni ODSK (operasi daerah selesaikan kemiskinan) di bidang pengembangan kerajinan masyarakat.

Lanjut Silangen, sebagai wadah pengembangan kerajinan daerah, dekranasda harus mampu menjadi fasilitator demi peningkatan kualitas produk kerajinan daerah, dengan pemandaatan teknologi yang baik dan tepat guna.

“Saya mengajak Dekranasda untuk bekerja sama, bersinergi dengan pemerintah, para pelaku usaha kerajinan, serta pemangku kepentingan usaha yang diharapaknya mampu membuka akses pasar yang luas bagi kerajinan Sulut demi mempercepat pembangunan daerah dan pengentasan kemiskinan,” kata Silangen.

Usai acara pelantikan, dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment