Pemerintah Pusat Prioritas Pembangunan Infrastruktur Perhubungan Sulut

Reporter : | 05 Okt, 2016 - 10:10 pm WITA

Infrastruktur Perhubungan Sulut , Menteri Perhubungan, Budhi Karya Sumadi , bandara udara Miangas SULUT, (manadotoday.co.id) – Ini menjadi kabar baik untuk seluruh masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan infrastruktur perhubungan di Provinsi Sulut.

Dalam pertemuan antara Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Budhi Karya Sumadi dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, menjajaki pengembangan dan pembangunan bandara udara Miangas (Kabupaten Talaud) dan Bandara Udara Sam Ratulangi Manado, serta Pelabuhan Bitung.

Pada kesempatan itu, Menhub mengatakan Sulut menjadi Provinsi yang maju. Kata dia, sejak menjabat Menhub pada Agustus 2016 lalu, dirinya ingin mengunjungi Sulut.

“Pada pembicaraan dari Presiden Joko Widodo dan Guberur Olly (Dondokambey), Sulut telah berhasil mendatangkan 23 ribu wisatawan mancanegara. Dan sulut menjadi contoh yang baik di indonesia,” terangnya.

Terkait pengembangan Bandara Miangas, menurut Menhub adalah impian besar dari Presiden Jokowi yang ingin pulau-pulau terluar harus mempunyai kesejanteraan yang sama dengan pulau pulau yang lain.

“Karena itu saya sudah lapor bapak Presiden, dan rencananya Presiden akan datang langsung meresmikan langsung bandara Miangas ini. Dengan sendirinya Bandara Miangas akan menjadi bandara terluar di utara NKRI,” kata Menhub.

Lanjutnya, dalam waktu dekat Bandara Miangas akan diresmikan. Namun, harus dilengkapi dahulu fasilitasnya, dan dengan sendirinya akan nenjadi penerbangan perintis dan otomatis faktor ekonomi dan pariwisata akan maju di daerah itu sebab ini merupakan dari program nawa cita.

Sementara Gubernur Dondokambey, mengatakan, Miangas sebagai salah satu pulau terluar di Sulut memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat menjanjikan.

“Apalagi adanya festival Manee yang merupakan kalender tahunan menunjang pariwisata di pulau Porodisa (sebutan Kabupaten Talaud) dimana masyarakat menangkap ikan tidak perlu menggunakan perahu, akan tetapi ikan yang ada di laut berkumpul dipinggir pantai dan masyarakat langsung menangkapmya dengan tangan kosong. Festival ini biasanya berlangsung pada setiap bulan Mei, sembari menanbahkan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti pernah mengikuti langsung festival ini,” terang Dondokambey.

Lanjut Dondokambey, dari segi infrastruktur pendukung pariwisata Gubernur menjelaskan direncanakan tahun depan Sulut bahkan ketambahan 500 kamar hotel melalui pembangunan hotel bintang 3 dan 4 di Likupang. “Yang paling utama kita sudah persiapkan daerah wisata baru di Likupang lewat wisata alam pantai yang diproyeksikan untuk menjadi kawasan wisata favorit ke dua setelah bunaken,” terangnya.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kapolda Sulut, Danlanud Sri, Kadis Perhubungan Sulut. Kemudian, Menhub didampingi Wagub Kandouw, berkesempatan mengunjungi secara langsung bandara miangas untuk melihat segala kesiapan bandara sebelum diresmikan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment