Dondokambey Ingin Sulut Jadi “Bali Kedua” di Indonesia

pariwisata, Olly Dondokambey, Bali Kedua, Sulawesi Utara
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE

SULUT, (manadotoday.co.id) – Salah satu prioritas pembangunan di Sulawesi Utara (Sulut) saat ini, adalah sektor pariwisata. Berbagai terobosan strategis pun dilakukan Pemprov Sulut, untuk memajukan sektor pariwisata di daerah ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Di mana Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, berharap agar sektor pariwisata di Sulut menjadi “Bali Kedua” di Indonesia.

“Harapan besar kami, pariwisata di Sulut bisa menjadi The Second Bali (Bali kedua) di Indonesia,” katanya.

Diakui Dondokambey, jika infrastruktur penunjang pariwisata di Sulut masih minim. Apalagi, Sulut tidak masuk 10 daerah destinasi wisata di Indonesia. Namun, pihaknya terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur untuk menunjang sektor pariwisata.

“Hal itu bukan menjadi suatu halangan bagi kami, melainkan suatu tantangan dalam rangka memajukan pariwisata di Sulut,” terang Dondokambey.

Lanjutnya, terobosan yang dilakukan untuk pembangunan pariwisata di Sulut, yakni maskapai penerbangan mulai banyak yang tertarik membuka rute penerbangan menuju Manado, baik dari domestik maupun luar negeri.

“Saya berharap sampai Desember 2016, bertambah 12 rute penerbangan per hari. Ada dari Brunei, Korea, dan Jepang. Sehingga target 1 hari 2500 turis bisa tercapai,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus mendorong Kabupaten dan Kota se-Sulut membuat agenda-agenda pariwisata berskala nasional maupun internasional. Apalagi, saat ini Dinas Pariwisata Sulut telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menyelenggarakan sejumlah acara.

“Misalnya, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan di selenggarakan Festival Teluk Tomini,” tukas Dondokambey, sembari menyatakan sektor pariwisata diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sulut. (ton)