Pemkot Bitung Sosialisasi SIPPD

Reporter : | 10 Agu, 2016 - 8:32 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar sosialisasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD), bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang, Rabu (10/8).

Sosialisasi yang dibuka Walikota Max Lomban, didampingi Prof DR Maryunani, SE MS selaku Kepala Pusat Dinamika Sistem Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang diikuti sejumlah kepala SKPD dan beberapa Mahasiswa dan dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai IV Kantor Walikota Bitung.

Walikota dalamm sambutannya mengatakan SIPPD dilaksanaan engacu dalam Perundang-undangan yang mengamanatkan setiap Pemerintah Daerah wajib menyusun Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai satu kesatuan dalam sisem perencanaan Nasional. Perencanaan ini berupa RPJPD (20 Tahun), RPJMD (5 Tahun) dan RKPD (1 Tahun).

“Namun, perlu diakui bahwa penyusunan dokumen-dokumen perencanaan seperti RPJMD, RESTRA SKPD, RKPD dan RENJA SKPD masih belum sebagaimana yang diharapkan. Hal ini tentu akan mempengaruhi penyusunan dokumen perencanaan dalam pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Kota Bitung, ”ujar Lomban.

Meski begitu Lomban mengatakan solusi untuk mengantisipasi hal tersebut, yakni Pemerintah Kota Bitung melalui BAPPEDA Kota Bitung telah melakukan kerjasama dengan Universitas BRWIJAYA Kota Malang untuk mengembangkan sebuah sistem perencanaan yang dapat memudahkan seluruh SKPD untuk menyusun dokumen perencanaan yang searah dan terintegritas satu dengan yang lainnya.

“Saya berharap sosialisasi ini akan berdampak positi bag kemajuan pembangunan di Kota Biitung,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment