Pemprov Sulut Gelar Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Reporter : | 01 Jun, 2016 - 9:55 pm WITA

Pemprov Sulut , Hari Lahirnya Pancasila

Gubernur Olly Dondokambey, ketika membacakan sambutan di peringatan Hari Lahirnya Pancasila tingkat Provinsi Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), menggelar upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, di lapangan KONI Sario Manado, Rabu (1/6/2016) sore tadi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Gubenur Olly Dondokambey, dan sebagai Komandan Upacara Kabid Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Diknas Sulut, Jendry Sualang.

Dalam sambutannya, Olly mengatakan momentum peringatan hari lahirnya Pancasila yang ke-71 ini, untuk memperbaharui komitmen bersama, baik pemerintah, TNI, Polri, Ormas, Organisasi Kepemudaan, terlebih para Mahasiswa dan adik-adik siswa yang merupakan generasi penerus cita-cita bangsa Indonesia, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpa darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertipan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Kita harus memahami makna dan membuktikan “Bhineka Tunggal Ika” bukan hanya slogan semata, akan tetapi merupakan tonggak kita semua, tonggak bangsa Indonesia dalam menjalani serta memaknai hidup dan kehidupan,” ungkap Olly.

BACA JUGA:

Wakasad Letjen Erwinn Syafitri Tutup TMMD ke-96 di Lapangan Pondang Minsel

Tangani Sampah, BLHKP Mitra Gandeng Pihak Ketiga

Andalkan Krisan Riri dan Kulo, 350 Ribu Kuntum Bunga Disiapkan untuk ToF

Olly Minta Bupati/Wali Kota di Sulut Jangan Sibuk Pencitraan

Pemkab Minahasa akan Beli Watermaster Basmi Eceng Gondok di Danau Tondano

DBD Serang Ratatotok Minahasa Tenggara

Lanjutnya, dengan memahami makna nilai-nilai sejarah dari Pancasila, maka sebagai komponen bangsa Indonesia sudah sepatutnya mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam 5 sila dalam Pancasila.

“Salah salah satunya dapat dilakukan dengan memperingati serta memaknai hari lahir Pancasila sebagai momentum untuk bersatu padu bergandengan tangan, bergotong royong dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan guna membumikan Pancasila di bumi pertiwi yang kita cintai ini,” tukas Olly.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw didampingi Wakil Ketua PKK Sulut, jajaran Forkopimda Sulut, sejumlah Bupati dan Wali Kota di Sulut, para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut. Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan pawai yang diikuti para pelajar dari berbagai sekolah di Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment